RI-64
Custom Search

WORKAHOLIC

Thursday, June 18, 2009

Workaholic, adalah istilah yang ditujukan pada orang yang gila kerja, tidak mengenal waktu dalam bekerja.
Ungkapan ini tidak selalu ditujukan pada orang yang benar-benar menikmati pekerjaan mereka, tetapi juga pada orang-orang yang lebih hanya merasakan dipaksa untuk melakukannya. Sebenarnya tidak ada definisi medis yang berlaku secara umum tentang kondisi seperti itu.
Walaupun istilah workaholic pada umumnya mempunyai suatu konotasi pada hal-hal yang bersifat negatif, kadang-kadang digunakan juga oleh orang-orang yang mengharapkan untuk menyatakan devosi mereka ke karier seseorang dalam terminologi positif.

Bagaimanakah anda bekerja selama ini? Apakah anda termasuk salah satu dari orang yang disebut workaholic tersebut ?
Untuk mengetahuinya, mungkin 20 buah pertanyaan berikut bisa dijadikan acuan. Pertanyaan-pertanyaan berikut ini aku ambil dari workaholics-anonymous :

1. Apakah anda merasakan sesuatu yang lebih menggairahkan disekitar pekerjaanmu dibandingkan disekitar keluargamu ?
2. Adakah waktu anda yang dibayar untuk suatu pekerjaan yang anda lakukan ?
3. Apakah anda mengerjakan pekerjaan anda ditempat tidur ? pada saat libur akhir pekan/weekend? atau pada saat anda sedang berlibur/vacation ?
4. Apakah aktivitas dari pekerjaan itu paling anda suka dan berupaya maksimal mengerjakannya dan sering kali memperbicangkannya ?
5. Apakah anda bekerja lebih dari 40 jam dalam satu minggu?
6. Apakah anda mengubah kegemaran/hobby anda menjadi suatu pekerjaan yang dapat menghasilkan/mendatangkan uang ?
7. Apakah anda mengambil tanggung jawab penuh dari hasil usaha/pekerjaan anda?
8. Apakah teman-teman atau keluarga anda sudah menyerah mengharapkan anda tepat waktu?
9. Apakah anda akan menambah waktu kerja anda karena anda merasa terkait dengan pekerjaan anda tersebut jika tidak selesai/tidak terlaksana dengan baik ?
10.Apakah anda termasuk orang yang meremehkan waktu berapa lama suatu proyek akan selesai dan kemudian dengan cepat mengerjakannya agar proyek tersebut segera selesai?
11.Apakah anda percaya bahwa adalah hal yang wajar jika harus bekerja lembur dan anda sangat menyukainya ?
12.Apakah anda menjadi tidak sabaran ketika seseorang memprioritaskan sesuatu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan ?
13.Apakah anda merasa ketakutan bahwa jika anda tidak bekerja keras maka anda akan kehilangan pekerjaan anda dan itu adalah suatu kegagalan ?
14.Apakah masa depan menjadi suatu hal yang sangat mengkuatirkan bagi anda meskipun segala sesuatunya berjalan dengan baik ?
15.Apakah anda mengerjakan segala sesuatu dengan enerjik dan menganggap sebagai suatu persaingan/kompetisi meskipun itu adalah hanya sebuah permainan/game ?
16.Apakah anda merasa terganggu ketika seseorang meminta anda untuk berhenti melakukan pekerjaan anda untuk melakukan hal lain?
17.Apakah waktu lembur anda mengganggu/menyakiti keluarga anda atau pacar atau pasangan anda ?
18.Apakah anda memikirkan pekerjaan anda ketika sedang mengemudi, selagi tidur atau ketika sedang berbicara sama orang lain ?
19.Apakah anda bekerja atau membaca ketika sedang makan ?
20.Apakah anda percaya bahwa mempunyai banyak uang dapat memecahkan semua permasalahan anda ?

======================================================

*) 3 jawaban positif, segeralah membicarakan dengan keluarga atau orang terdekat anda karena bisa diduga anda mengarah ke arah workaholic.

Percaya atau tidak, hanya anda yang mengetahui dan merasakannya.

Posted by Yudie at 11:46 AM  

35 comments:

Hm....rasanya saya belum terlalu workaholic deh. Nice posting. Sorry mas Yudie, sy telat mampir neh, br bisa online malam ini.

ellysuryani said...
June 18, 2009 at 7:13 PM  

Mas Yudhie, Alhamdulilah belum ada satupun ciri2 itu dalam diri saya :) tapi, yang nomor 19 kadang saya buat juga hehehe...

anazkia said...
June 18, 2009 at 7:44 PM  

alhamdulillah..kayaknya henny belum termasuk dalam kategori itu

none said...
June 18, 2009 at 8:34 PM  

aku belum kerja, tp ni bagus buat referensi sayahhh..n kayaknya bnyk deh ttg aku :p

DUNIA POLAR said...
June 18, 2009 at 8:35 PM  

Untungnya mas, aku ga masuk semuanya. Tp mungkin aku ini bookaholic dan blogaholic ya!!

Fanda said...
June 18, 2009 at 8:52 PM  

@all : aku kayanya udah masuk deh...dduuhhh gimana nyembuhinnya yaaa... ada saran ?

Yudie said...
June 18, 2009 at 9:07 PM  

Hahaha.., ternyata yg workaholic tuh mas Yudie sendiri ya ?? *geleng-geleng kepala*
Untung aku belum "separah" itu hehehe...

reni said...
June 18, 2009 at 9:48 PM  

hhehehe keknya aku nggak mas...aku kalo kerja terkesan males...hehehehhe...
mungkin aku catur holic ama blogaholic

buwel said...
June 18, 2009 at 11:01 PM  

pean gila kerja juga ga..............??????

time is money......

aRief HaDeYe said...
June 18, 2009 at 11:52 PM  

@Bu Reni : iya neh Bu...kalo kerja suka lupa waktu... duh moga2 cepet sembuh deh...hehheh

@Boss Buwel : Blogaholic-nya sama boss... nah caturaholic neh yang aku gak bisa... hehehehehe... kuda aja jalannya lurus gimana bisa maen catur coba... :)

Yudie said...
June 18, 2009 at 11:54 PM  

wakakakak, kuda kok jalannya lurus...heheheheh

buwel said...
June 19, 2009 at 12:59 AM  

Waktu kerja dulu, gak diragukan lagi aku positif begitu, dilema banget lho, ... tp belum sempet 'diterapi' dah keburu berhenti kerja ... he he...

eha said...
June 19, 2009 at 6:10 AM  

Bagus mas artìkelnya....e..saya tak termasuk sifat itu mas...karena saya bekerja hanya sebatas dikantor..dan dirumah lebih banyak browsing he..he...

Dinoe said...
June 19, 2009 at 6:16 AM  

Kalo sering ngeblog sampe lupa waktu itu namanya apa yah.... Bloggoholic kali yah.... hi..hi..hi...

T.Yonaskummen said...
June 19, 2009 at 8:02 AM  

ikut gabung ya mas yudie,. lo sy blm trmsk ne coz baru kerjana sampingan,msh nuntut ilmu ja blm lu2s he.. moga jejaknya mas yudie sy ikutin deh he.. gd lck mas ...

ritz said...
June 19, 2009 at 9:00 AM  

Kalo workaholic tapi menikmati pekerjaannya gimana mas? Tapi saya belum sampai taraf itu deh.. Salam mas,maaf baru bisa mampir

Ajeng said...
June 19, 2009 at 5:10 PM  

klo aku gak gila kerja...ngapain ? kapan mau nyantai ?

sam said...
June 19, 2009 at 5:15 PM  

@Boss Buwel : wakakakaka..
@Eha : selamat deh klo udah sembuh dari workaholic... :)
@Dinoe : syukur deh Mas, jadi banyak waktu buat keluarga.... :)
@Tukang Komen : hihihih blogaholic..sama dong yaaaa...
@Ritz : boleh aja klo workaholic-nya positif... heheh
@Mbak Ajeng : gpp seh mbak, cuma kasian keluarga kali yaaa... kurang waktu bersama.
@Sam : sippp....

Yudie said...
June 19, 2009 at 6:43 PM  

Pernah workaholic mas, tapi jadinya kena typus dan magh. Ampun, enggak lagi deh.. Sekarang mau lebih nyantai ajalah ^_^

Bang Del said...
June 19, 2009 at 9:16 PM  

oh aku pikir workaholic hanya berlaku untuk orang yang menyukai pekerjaannya...ternyata yang terpaksa masuk juga. Berarti aku workaholic, kerja siang malem

Sinta Nisfuanna said...
June 19, 2009 at 9:26 PM  

kok semua bukan ada pada diriku ya?

suwung said...
June 19, 2009 at 10:47 PM  

Gambarnya sampe narik gt ya ... :P

Syifa said...
June 20, 2009 at 1:35 AM  

kadang masuk kadang enggak,
kalau aku lagi mood ngurusin sesuatu bisa sampai lembur (walaupun pagiNya juga tidur sampe siang..:) )
tapi kalau ga mood ngapa2 tetep males...
:)

Kifni said...
June 20, 2009 at 5:56 AM  

kalo sering mampir ke blog-nya mas yudie dan kasih komment dipostingan, berarti yudieaholic kali ya...?? hi hi..

fia al Kurosawa said...
June 20, 2009 at 11:55 AM  

siang mas...klu saya kecanduan ngeblog masuk katagori workaholic nggak ya mas? He..he..

Dinoe said...
June 20, 2009 at 12:30 PM  

wah, mas yudi, saya workholic gak ya ...

banyak lho dalam kriteria itu yang cocok dengan saya, tapi saya sekarang masih menikmatinya :D

Met wikend nih ...

J O N K said...
June 20, 2009 at 8:15 PM  

nas pertanyaanya banyak sekali mau jawab jadi males

Ajie said...
June 20, 2009 at 8:38 PM  

rasanya Kak Ega lum workholic banget deh.. tapi bisa di bilang 1 love my job.. hehe

masih seimbang lah..

June 21, 2009 at 10:33 AM  

wah aku masuk kriteria nih, sebagai blogger sejati kadang lupa waktu, lupa makan, lupa mandi, lupa pacar...

Panca said...
June 21, 2009 at 10:06 PM  

pertanyaannya banyak juga mas...
jawabannya bs via pos...?!? hehe...
info menarik nih, jd instrospeksi bwt sy, kbanyakan OL terus... hehe.. bsk2 coba kegiatan yg laen ah.. ^_^

tito said...
June 22, 2009 at 2:46 PM  

mantep juga neh list nya.. kalo dikirim ke capres dan cawapres aja gimana mas?

Unknown said...
June 23, 2009 at 2:52 PM  

rasanya aku a tuh

ajieee said...
June 25, 2009 at 12:52 PM  

Mampir mas Yudi....

June 26, 2009 at 10:22 AM  

kalo aku kerja ampe gak ada waktu gitu seh emang karna situasi dan kondisi anak perantau hehehehe kalau mau santai mending pulang kampung aja deh

edylaw said...
June 27, 2009 at 3:27 AM  

Setelah membaca, sepertinya saya termasuk workaholic.

love-ely said...
July 4, 2009 at 7:55 PM  

Post a Comment