RI-64
Custom Search

JEMBATAN SURAMADU - mari kita jaga bersama

Wednesday, June 17, 2009

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.
Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah. (sumber wikipedia).

Jembatan Suramadu yang baru berumur sepekan pengunaannnya sejak diresmikan, banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana penghubung dan penyeberangan yang tentu saja akan memakan waktu yang lebih cepat dan murah dibandingkan dengan penyeberangan menggunakan feri. Disamping itu banyak pula warga yang mempergunakannya sebagai sarana tempat rekreasi bersama keluarga menikmati panorama laut disore hari.

Namun sayang, jembatan megah ini sudah banyak dibeberapa bagiannya yang telah digerogoti oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab. Baut-baut penahan dan penghubung tiap bagian yang merupakan kontruksi penguat dari jembatan raib, demikian laporan sebuah harian ibu kota kemarin.
Ini merupakan sebuah tindakan tidak terpuji dan tidak bertanggung jawab. Bayangkan, apa yang akan terjadi jika jembatan beton ini ambruk karena tidak kuat menahan beban, baik dari kendaraan yang lewat diatasnya maupun menahan beban dari besi dan beton bangunannya. Berapa nyawa yang akan menjadi korban. Padahal dibawah jembatan juga lewat kapal-kapal feri yang juga masih mengangkut penumpang dan barang. Kita tidak boleh meremehkan arti dari sebuah baut kecil pada suatu bangunan kontruksi, benda ini merupakan bagian yang sangat penting dalam memperkuat suatu bangunan.

Masyarakat kita nampaknya masih kurang menyadari arti dari pentingnya pemeliharaan sebuah aset yang dibangun dengan susah payah dengan biaya yang tidak sedikit ini. Belum lagi pertimbangan akan keselamatan para pengguna yang mungkin salah diantaranya adalah anggota keluarga mereka sendiri, keluarga kita.

Pemerintah memang tengah berupaya merawat dan mengganti baut-baut yang hilang tadi, dan juga berupaya menjaga keamanan pengguna jembatan Suramadu ini yang diduga juga rawan kejahatan. Tetapi hendaknya kita turut serta menjaganya, turut serta merawatnya. Marilah bersama - sama kita turut menjaga kelestarian sarana ini, menjaga keselamatan para pengguna jembatan, dan tentu saja kita bisa menikmati sebuah sarana Jembatan penghubung Surabaya - Madura yang telah lama diidamkan oleh masyarakat, anda dan saya.

* foto : www.pu.go.id

Posted by Yudie at 6:54 AM  

23 comments:

belum seminggu diresmikan, tp skrg uda bnyk mur baut dll yang uda hilang di curi, gmn nih???

DUNIA POLAR said...
June 17, 2009 at 8:02 AM  

Bukan cuma mur dan baut, mas! Lampu-lampu di bawah jembatan juga hilang sebanyak 42 biji!! Pdhal kalo malem ada kapal yg lewat trs ga liat tiang2 penyangga jembatan, kan runyam juga tuh. Jadi berpikir, katanya Suramadu bisa tahan sampe umur 100 th, tp kalo seminggu aja sdh begitu keadaannya??

Fanda said...
June 17, 2009 at 9:03 AM  

masak dah ada baut yg ilang...
mo dijual kiloan pasti tuh..

anggaarie said...
June 17, 2009 at 9:06 AM  

waduh..jauh sih ini,
ga bisa liat :(

June 17, 2009 at 9:20 AM  

@Dunia Polar, Mbak Fanda, Mas Angga :
iya neh, masa baru seminggu udah pada dipretelin maling... keterlaluan kok memang.

@Mbak Henny : deket kok dari rumahku di Surabaya... heheheheh

Yudie said...
June 17, 2009 at 11:07 AM  

Yah, begitulah Indonesia.

Bayu Probo said...
June 17, 2009 at 11:55 AM  

aduuuhh..kebangeten banget masa' mur aja diembatttt, heran ya??? kasihan bila pembangunan jembatan dengan biaya besar itu ngga' bisa bertahan lama...stop jual beli barang rongso'an..lho lho...profesi orang koq di larang..hi hi..gemes aja mas Yudie

fia al Kurosawa said...
June 17, 2009 at 12:27 PM  

mari kita jagain dengan baik.
tapi kok bisa ilang yah bautnya.?
ckckc.
kalo bautnya hilang semua gimana yah.?
:D

andie said...
June 17, 2009 at 2:30 PM  

oo..pantesan posting tentang ini :)

June 17, 2009 at 5:33 PM  

@Mas Bayu : hehehe..gitu kali ya...
@Mbak Fia : waahh..waahh klo dilarang takutnya ntar ada yg marah..
@Andie : Ambruk dong.... heheh
@Mbak Henny : cinta daerah kali ya Mbak...

Yudie said...
June 17, 2009 at 5:49 PM  

waduh sudah diresmikan khan...
jadi bisa pake motor ya kl mau ke madura-sa

kang-dwi said...
June 17, 2009 at 7:16 PM  

wah emang kebangetan ya, sudah di bikinin jembatan bagus-bagus, tinggal makai dan merawatnya. eh malah baut-baut aja masih di embat.
nggak habis pikir deh. hehe..
salam kenal ya mas...

jimox said...
June 17, 2009 at 8:19 PM  

sebetulnya bangsa kita hebat, bisa bangun jembatan spt jembatan suramadu...tapi yg susah itu memeliharanya..
yg bikin miris..baru aja beberapa hari di resmikan, mur dan baut serta lampu2 udah ilang...
heran deh..
kalo mo cari besi utk dikilo-in...kan masih banyak yg lain..

June 17, 2009 at 8:22 PM  

masya alloh...kok bisa ya...

buwel said...
June 17, 2009 at 9:42 PM  

benar mas kata bang budiawan-hutasoit...bangsa kita memang punya kemampuan yg hebat..tapi sulit buat menjaganya..

Dinoe said...
June 17, 2009 at 10:26 PM  

Memang sangat memprihatinkan kejadian-2 terkait jembatan Suramadu akhir-akhir ini.
Beberapa saat yang lalu, besi-2 rel KA yg hilang dicuri orang. Sekarang.., jembatan Suramadu yang jaji sasaran.

reni said...
June 17, 2009 at 11:46 PM  

aduh mas, sejak diresmikan aku bertanya2 apakah pemerintah mampu melakukan pengawasan jembatan ini?gimana bila ada kejahatan ditengah jembatan?pencurian? dll.
Heheh..ternyata dugaan saya benar, belum lama baru diresmikan sudah pada dipreteli.Bira terbarunya tadi malam, bahwa 46 lampu jalannnya sudah dicopot juga,hahahaa...kacau,hancur

franky said...
June 18, 2009 at 3:43 AM  

Semoga jembatan ini bisa menunjang pembangunan di kedua pulau (Jawa dan Madura), dan bikin tambah makmur rakyat, ini yang penting. Nice posting.

Newsoul said...
June 18, 2009 at 6:51 AM  

wah kudu mudik dulu baru bisa liat nih jembatan

Penikmat Buku said...
June 18, 2009 at 2:34 PM  

lumayan tuh buat photo2 di fesbuk, pasti keren., jarang2 poto di jembatan

ardianz said...
June 18, 2009 at 2:51 PM  

semoga dengan adanya jembatan SURAMADU INDONESIA AKAN SEMAKIN JYA DAN dpt DI KENAL di mata dunia..

ritz said...
June 19, 2009 at 10:32 PM  

semoga jembatan suramadu ini menjadi jalan alternatif transfortasi yang sangat bermanfaat .

Obat Maag Anak said...
May 15, 2013 at 1:32 PM  

jembatan Suramadu memang salah satu kembatan yang terbesar di Indonesia , untuk itu kita perlu menjaganya bersama :)

Obat Asma said...
May 15, 2013 at 1:33 PM  

Post a Comment