RI-64
Custom Search

BERBURU TIKET

Sunday, August 23, 2009

Puasa memang baru beberapa hari kita jalani. Tetapi aroma dan fenomena mudik dalam rangka libur lebaran sudah terasa. Terutama bagi para pekerja perantau atau pekerja migran yang mempunyai sanak keluarga di kampung halaman. Mereka tentu berusaha untuk mudik atau pulang kampung dalam libur lebaran untuk bertemu dengan anggota keluarganya.
Mudik sudah menjadi sebuah tradisi di Indonesia untuk mempertahankan dan mempererat tali silaturahmi, baik dengan keluarga, sanak family, kerabat dan orang-orang terdekat. Akupun tak ketinggalan ikut serta 'meramaikan' dan 'berpartisipasi' pada acara mudik ini tiap tahunnya. Maklum, orang tua dan sebagian besar anggota keluargaku berada di Jawa Timur, jadi sudah menjadi kebiasaan dan tradisi di keluarga untuk berkumpul bersama dalam liburan lebaran sekaligus mempererat tali silaturahmi dan melepas kangen.

Namun hal itu tidaklah mudah dari tahun ke tahunnya. Aku harus ikut mulai berburu tiket dari sekarang yang jumlahnya amatlah terbatas dan tentu saja harganya sudah berkali lipat dari harga pada hari-hari normal/biasa. Tiket Kereta Api eksekutif dari Jakarta untuk jurusan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur mulai tanggal keberangkatan 14 September s/d 20 September saat ini sudah ludes terjual. Padahal PT KAI sudah memberlakukan tarif tuslah lebaran yang tentunya lebih tinggi dari harga pada hari biasa/normal. Untuk tarif lengkap dan jadwal keberangkatan kereta bisa di klik di www.kereta-api.com. Dan harga tiket ini menjadi lebih melangit lagi setelah jatuh ke tangan agen-agen perjalanan dan calo...wwaahhhh...sungguh mencekik. Aku mencoba dan iseng tanya-tanya ke beberapa agen perjalanan dan calo. Mereka menawariku 3 kali harga resmi dari PT. KAI...ampyyuuunnn deeehh...

Pun juga dengan teman-teman sekantorku yang berencana pulang ke kampung halamannya ke daerah Pulau Sumatera, ada yang ke Padang, Palembang, Medan dan sebagainya. Mereka sudah jauh-jauh hari memesan tiket pesawat dan kapal laut. Dan tentu saja harganya sudah lebih tinggi dari harga pada hari normal/hari biasa.

Tidaklah mengherankan apabila banyak para pemudik yang berencana pulang ke kampung halaman berkendara sendiri untuk mensiasati tingginya harga tiket. Baik bagi mereka yang berencana mudik dengan menggunakan mobil-mobil pribadi maupun yang merencanakan mudik dengan sepeda motor.
Kendalanya sekarang adalah sarana dan prasarana jalan yang kurang memadai. Banyaknya jalan rusak, jembatan rusak maupun lampu-lampu jalan yang minim dapat meningkatkan tingginya angka kecelakaan. Karenanya Kepolisian RI telah berencana melakukan pengawalan bagi para pemudik motor seperti halnya yang telah dilakukan tahun lalu. Dan juga menghimbau bagi para pemudik bersepeda motor untuk tidak memuat lebih dari 2 orang penumpang. Dan juga membatasi barang-barang bawaan.

Memang Lebaran masih lama... acara mudikpun masih lama dan kita baru 3 hari berpuasa, mending kita konsentrasi dulu pada ibadah puasa kita. Semoga di bulan yang penuh ampunan ini kita selalu diberi rahmat dan hidayah dariNya...amin..

Selamat menunaikan ibadah Puasa saudaraku.... mohon maaf lahir dan bathin. Semoga kita diberi kekuatan iman dalam menjalankan ibadah di bulan suci ini....

Posted by Yudie at 11:21 PM  

21 comments:

Bulan puasa, lalu lebaran. Salah satu fenomena khas lebaran adalah mudik. Cerita seputar mudik selalu seru ya mas, apalagi soal tiket. Semoga semua pemudik kebagian tiketnya sehingga bisa berkumpul dengan keluarga di Idul Fitri nanti.

Newsoul said...
August 24, 2009 at 1:18 AM  

Setiap bulan puasa, menjelang lebaran pasti selalu ada hal seperti ini. harus dipersiapkan dari jauh hari mas..kalo perlu dari H -60 sekalian.hehehe
daripada kehabisan tiket?

August 24, 2009 at 10:17 AM  

hiiiiii...henny bisssa ajjjah....hiiiii....h-60 dah siap tiket...hehheee...
met puasa bang....sukses selalu ya...

buwel said...
August 24, 2009 at 4:05 PM  

mudik emang selalu asyiiik, selalu unik juga menarik...

a-chen said...
August 24, 2009 at 4:06 PM  

berburu tiket adalah persoalan klasik yg sangat wajar namun perlu diantisipasi jauh2 hari biar gak kehabisan seperti kata mbak Henny :) btw, nice post mas :)

August 24, 2009 at 5:27 PM  

@ Mbak Elly : semoga mbak... kayanya Pemda DKI menghimbau para pengusaha menyediakan bis bagi karyawannya Mbak..semoga deh...

@ Henny : heheh..bener juga mbak Henny... harusnya H-60 udah pesen, aku telat seh pesennya...heheh...

@ Buwel : Met puasa juga Boss.... udah buka blom ?

@ Achen : iya sob bener... susah-susah nyenengin... heheheh

@ Arif : heheheh...bener Mas..

Yudie said...
August 24, 2009 at 6:26 PM  

Asyik...ntar mudiknya nebeng aja ah :))

salam
kangtatang

kang tatang said...
August 24, 2009 at 7:54 PM  

selamat menjalankan ibadah puasa ya bang... moga ntar mudiknya lancar... salam untuk seluruh keluarga...

cahyadi said...
August 24, 2009 at 10:08 PM  

Hallo pa khabar mas... Asyik tuh meramaikan ritual khas lebaran... Moga bisa nyaman ntar mudiknya ya.
sory banget nih lama gak mampir. lagi (sok) sibuk off line nih mas. Pingin aktif ngeblog kayak mas Yudie...tapi ssah...Doakan ya bisa bagi waktu...
Makasih banyak masih inget aku ya...

Mulyati said...
August 25, 2009 at 1:59 AM  

Segala persiapan memang harus di siapkan dari awal mas..agar nanti nggak repot-repot mempersiapkan segala sesuatunya termasuk mencari dan antrian tiket ....selamat menunaikan ibadah puasa ya mas..

Dinoe said...
August 25, 2009 at 3:37 AM  

Mas, belum kebagian tiket ya ? Temanku yg di Jakarta juga belum kebagian tiket KA niy.. katanya mau cari tiket bus aja...
Semoga tahun ini bisa berkumpul lagi dg seluruh keluarga ya mas...

reni said...
August 25, 2009 at 4:02 AM  

Wah, tiket KA sdh ludes? Jadi harusnya kalo mau beli tiket hrs berapa hari di depan ya?

Fanda said...
August 25, 2009 at 8:21 AM  

hehehe...rencana kemarin mau pesen tiket kereta, tapi kalah cepet. Jadi mudik ntar oper2 bis ato beli tiket kreta tapi yang berdiri. Pedihnya :P

Penikmat Buku said...
August 25, 2009 at 12:51 PM  

wah... jangan naik sepeda motor deh... resikonya besar lho...

jamu said...
August 25, 2009 at 3:11 PM  

wetsssss !!
selamat menunaikan ibada puasa, semoga aja puasa kite" lancar aje !!
gw kgk sabar nungguin idul fitri,,THR booo :D :D :D


salam kenal !!

Haedir said...
August 26, 2009 at 3:41 PM  

Melihat fenomena karcis langka, sayapun menurunkan artikel berjudul "Karcis Sang Primadona" karena sayapun mengalami berburu karcis mas.
Saya tak faham apakah memng sulit ya menghindari calo, mungkin sama-sama cari makan ya.
Salam hangat dari Surabaya.
(Ternyata saya sudah bisa memberi komentar disini)


http://abdulcholik.com/pengamatan/karcis-sang-primadona

Pakde Cholik said...
August 28, 2009 at 8:45 PM  

Siang mas Yudie, gimana dengan puasa? lancar2 saja kan?
Ceritan mas Yudie mo mudik ya....

Franky said...
August 29, 2009 at 3:34 PM  

waduh....
para pemudik yang mengunakan jasa kereta api pasti saat ini sedang bingung nih...
pasalnya, sudah beberapa hari belakangan ini semua tiket sudah sold out..

ini adalah pelajaran bagi para pemudik untuk selalu memesan tiket dari jauh2 hari...

pihak yang bertanggung jawabpun sudah menambahkan gerbongnya agar bisa menampung...
tapi karena antusiasme pemudik sangat banyak, pihak tersebut kewalahan dan tidak sanggup untuk memenuhi semuanya...

semoga kejaian ini bisa berkurang dimasa yang akan datang...amin...
Iklan Gratis

Iklan Gratis said...
August 29, 2009 at 6:30 PM  

suka lagu Don Moen ya? emang keren sih lagu2nya, suaranya juga bagus.

August 30, 2009 at 5:06 PM  

ati2 sama calo tiket.

August 31, 2009 at 2:18 PM  

malam...bawain kue putu

September 14, 2009 at 7:24 PM  

Post a Comment