RI-64
Custom Search

AKTE KELAHIRAN pentingkah ?

Tuesday, September 8, 2009

Akte Kelahiran, hanyalah selembar kerta yang menerangkan tempat/tanggal lahir seorang bayi dan juga menerangkan siapa orang tua si bayi. Sangat sederhana dan kelihatan gak penting. Mungkin bagi beberapa orang, selembar Akta Kelahiran amatlah tidak penting. Hal itu banyak kita jumpai didaerah-daerah terpencil yang masih susah sarana transportasinya jika harus pergi mengurus surat ini di Catatan Sipil. Apalagi bagi mereka yang tinggal di pulau-pulau kecil dan terpencil di wilayah Indonesia ini.

Namun ternyata hal ini banyak juga kita jumpai ditengah-tengah Ibukota negara kita Jakarta. Setidaknya itulah yang dilaporkan oleh www.irinnews.org. Mereka umumnya yang tidak mendaftarkan anaknya pada Kantor Catatan Sipil dikarenakan tidak mempunyai kemampuan untuk membayar biaya pembuatan akte. Mereka lebih mementingkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya daripada sekedar pembuatan akte kelahiran bagi anaknya yang baru lahir. Lebih baik dibelikan makanan bagi anak-anak daripada hanya untuk membuat akte kelahiran, demikian alasan mereka.

Menurut data dari UNICEF, 60% anak-anak Indonesia yang berumur dibawah 5 tahun belum mempunyai Akte Kelahiran. Hal ini mengakibatkan Indonesia berada pada ranking 20 terbawah dalam hal pencatatan resmi pada Kelahiran anak. Dan dari data tersebut, ternyata bukan hanya anak-anak dari kalangan yang kurang mampu saja yang tidak mempunyai akte kelahiran. Masyarakat yang mampu pun masih ada yang belum mempunyai kesadaran dan pengetahuan cukup tentang pentingnya mencatatkan kelahiran anak-anaknya pada Kantor Catatan Sipil setempat. Perlunya Pemerintahan dan Pemerintah Daerah setempat memberikan penyuluhan.

Saat ini Akte Kelahiran sangat penting dan diperlukan, khususnya bagi anak-anak yang akan mendaftar masuk sekolah. Banyak Sekolah-sekolah yang mensyaratkan bagi calon siswanya harus menyertakan akte kelahiran ini. Pun juga untuk melamar pekerjaan, khususnya pada instansi-instansi Pemerintahan adalah hal yang mutlak untuk menyertakannya.
Juga pada saat kita harus mengurus surat-surat penting lainnya semisal mendaftarkan pernikahan di KUA ataupun saat kita mengurus untuk mendapatkan passport.

Akte kelahiran juga berfungsi melindungi anak-anak dari eksploitasi tenaga kerja anak dan bahkan trafficking. Tanpa bukti sah yang menyebutkan tentang kewarganegaraan dan keterangan kelahiran sang anak, akan sangat sulit untuk melindungi hak-hak anak secara hukum dari pekerjaan penuh resiko, dalam kasus ini adalah trafficking, repatriasi akan sangat sulit.

Oleh karenanya beberapa hari yang lalu Dinas DUKCAPILl(Kependudukan dan Catatan Sipil) Jakarta Pusat memberikan layanan pengurusan Akte Kelahiran Gratis bagi warga Jakarta Pusat. Warga tidak dipungut biaya bagi pengurusan pencatatan kelahiran untuk mendapatkan akte kelahiran anaknya yang berumur kurang dari 60 hari.
Bagi mereka yang mencatatkan anaknya yang berumur lebih dari 60 hari dikenakan biaya Rp. 10.000. Dan bagi yang lebih dari 1 tahun tetap harus ada surat keputusan dari Pengadilan Negeri, demikian yang dilaporkan Pos Kota.

Jadi sudahkah anda dan putra-putri anda mempunyai Akte Kelahiran ?

*foto dari www.kependudukancapil.go.id

Posted by Yudie at 9:04 PM  

24 comments:

ummmm enaknya klo bikin akte kelahiran cecara online kan lagi musim tuh yang ol ol heheh
salam hangat
joni

Joni-Joni-Joni said...
September 8, 2009 at 11:45 PM  

emangnya ada yang buat akte secara onlen?!?!?!

genial♂ said...
September 9, 2009 at 1:24 AM  

Wah..bagus juga mas..jika ada pembuatan akte secara online..lebih mempermudah dan mengurangi masalah jangkauan buat org2 yg tinggal jauh dari kantor Capil...

Dinoe said...
September 9, 2009 at 3:58 AM  

Memang penting sih bikin akte kelahiran, ada yg online jg ya? br tau nih..

YudiWS said...
September 9, 2009 at 4:08 AM  

Akta kelahiran, jelas penting dong. Artikel mantap neh mas Yudie. Semoga proses pembuatan Akta kelahiran bagi masyarakat kita jadi lebih sederhana dan memudahkan.

Newsoul said...
September 9, 2009 at 5:43 AM  

penting banget tuh, sebab merupakan dokumen kelahiran. kalo gak ada akte, ntar direkayasa lagi umurnya. iya nggak?

ivan kavalera said...
September 9, 2009 at 6:37 AM  

yup akte lahir memang perlu. krn itu berpengaruh pada nasib si anak kelak. ketika cari kerja pasti ditanya akte lahir, masuk sekolah jg.

September 9, 2009 at 8:48 AM  

untungnya saya sudah punya akta kelahiran mas. :)
tapi masih ada juga lo yang belum mempunyai akta kelahiran, biasanya mereka cuman nyari surat kelahiran dari kantor kelurahan. salam kenal ya mas...

jimox said...
September 9, 2009 at 10:56 AM  

Padahal akte itu penting banget loh..

Fanda said...
September 9, 2009 at 11:18 AM  

Harusnya birokrasi untuk pembuatan akte kelahiran dipermudah dan dipermurah. Ok juga sih mas bikin akte online,tapi kasian yg gaptek (padahal banyakan yg gaptek daripada yg tidak)..

Apa kabar mas..?

ajeng said...
September 9, 2009 at 12:12 PM  

kebetulan ortu termasuk yang patuh terhadap peraturan dokumentasi .. jadi akte kelahiran bukanlah sesuatu yang aneh .. bahkan begitu ponakan lahir .. beberapa hari kemudian ortunya sudah mulai sibuk mengurusnya ..
@Joni-Joni-Joni ..
setuju mas, asik tuh kl bisa online ..
online .. online .. (gayasaykoji) :^_^

Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Iklan Gratis said...
September 9, 2009 at 1:27 PM  

akte kelahiran tetap penting bahkan teramat penting bila berhubungan dengan legitimasi birokratis, yg lebih penting lagi sih apa dibalik akte tsb mas :) hehehe

September 9, 2009 at 7:28 PM  

nice blog,,kerennnn atuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

Haedir said...
September 9, 2009 at 9:58 PM  

Wah kalo saya malah baru dibikinin akta kemarin, waktu ada pemutihan di kecamatan saya secara massal.
dan saya langsung buru-buru bikin karena saya dapat kabar, katanya kalo di tahun mendatang pembuatan akta akan sangat membutuhkan biasa yang sangat banyak.
sekarang sudah tenang karena saya sudah punya akta.
Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Iklan Gratis said...
September 10, 2009 at 9:04 AM  

penting banget...

kalo mau merit perlu akte kelahiran,
kalo mau dapat warisan perlu akte kelahiran,
kalo mau melamar ke pekerjaan tertentu juga perlu akte kelahiran,
kalo mau buat akte keluarga juga perlu akte kelahiran,
kalo mau urus ini itu pasti juga perlu akte kelahiran,

karena kan orang ada didunia pasti proses melalui kelahiran ndak tiba2 "tuenggggg" muncul didunia ini jadi kudu daftar hadir ama bumi ini pan??

hehehe... nice post, salam kenal from me dj martha,

btw, mau jadi dj juga perlu jelas identitasnya, kemarin sempet ditanya gak ya akyu akte kelahirannya ??? (mikir sambil garuk garuk kepala)

dj martha said...
September 10, 2009 at 6:01 PM  

dolo saya cuek aja hehehe
ternyata akte sekarang penting banget

anak nelayan said...
September 10, 2009 at 6:19 PM  

irokyang beribet,pungli pungli serta kurangnya sosialisasi pentingnya akte kelahiran yang menyebabkan anak indonesia yang ngga punya akta lahir.Dan saat ini sudah mulai di galak kan di mana anak sekolah di wajibkan menggunakan akte lahir,menikah juga jg menggunakan akte lahir boz....salam indonesia damai

September 10, 2009 at 6:44 PM  

ralat* ( irokyang ) = Birokrasi yang...

September 10, 2009 at 6:45 PM  

Akte Kelahiran sangat penting, mas. Tanpa itu anak-2 kita tak bisa masuk sekolah.
Nice post...!!

Reni said...
September 10, 2009 at 6:48 PM  

wew saya aja bru dibikin ake waktu pas mu msyuk smp....
Idenya perlu di tanggapi....serius...

wh said...
September 10, 2009 at 6:48 PM  

Mas, kalau sekarang mau bikin akte, yang emang baru bikin, biasanya di bisniskan :)

Itu akte nya keren yah sekarang? kalau dulu saya punya gak sekeren itu :)

anazkia said...
September 11, 2009 at 11:54 PM  

akte kelahiran memang penting dan lebih bagus lagi kalau pengurusannya gratis.Mantap

franky said...
September 12, 2009 at 4:07 AM  

wah, makasih infonya mas yudie......

buwel said...
September 12, 2009 at 3:23 PM  

Nice sharing....

A-chen said...
September 12, 2009 at 3:23 PM  

Post a Comment