RI-64
Custom Search

HENRY FORD - MY INSPIRATIONS

Tuesday, March 17, 2009

Salah satu tokoh yang menginspirasiku untuk selalu kerja keras dan tidak kenal menyerah. Dia membangun salah satu kerajaan otomotif terkemuka dunia FORD MOTOR COMPANY, dialah HENRY FORD. Berikut sedikit tentang Henry Ford yang diambil dari berbagai sumber.

quote :
Henry Ford adalah anak seorang petani yang lahir pada tanggal 30 Juli 1863 di Greenfield, Michigan. Dia meninggalkan bangku sekolah pada umur 15 tahun untuk membantu bapaknya bekerja di pertanian. Tetapi pada tahun 1879 dia pergi meninggalkan rumah untuk bekerja di Detroit pada sebuah bengkel mesin. Untuk bertahan hidup karena upahnya yang kecil, dia menghabiskan waktu sore dan malamnya untuk mereparasi jam.

Ford kembali ke Greenfield setelah bapaknya memberinya sekitar 20 ha tanah pertanian. Tetapi dia mengatakan kepada bapaknya bahwa dia tidak menyukai pekerjaan sebagai petani. Maka dia banyak menghabiskan waktunya dengan mencoba membuat kendaraan dengan mesin uap dan kereta pertanian. Karenanya dia kemudian kembali lagi ke Detroit dan bekerja sebagai engineer pada Edison Illuminating Company.

Selama di Detroit, Ford banyak membaca artikel di World of Science tentang bagaimana seorang engineer Jerman, Nicholas Otto membuat sebuah mesin dengan system pembakaran internal. Ford dalam waktu luangnya mencoba untuk membuat kendaraan berbahan bakar bensin.
Mobil pertamanya berhasil dia buat pada tahun 1896, dibuat disebuah bangunan kecil di kebunnya. Digerakkan oleh mesin 2 silinder dengan memakai 4 roda sepeda.

Pada 5 Agustus 1899, Ford mempunyai cukup uang untuk membangun perusahaannya sendiri. Dan dengan dukungan perusahaan penggergajian kayu Detroit, dia membangun "Detroit Automobile Company". Tetapi kemudian investornya banyak yang menarik uangnya kembali setelah Ford menghabiskan sekitar $86.000 tanpa mampu memproduksi sebuah mobilpun yang bisa dijual. Dan akhirnya perusahaan inipun ditutup pada Januari 1901.

Dengan bantuan C. Harrold Wills, Ford merancang dan membuat mobil yang menghasilkan 26 tenaga kuda pada bulan Oktober 1901. Dengan keberhasilan ini, Murphy dan para mantan pemegang saham lainnya di Detroit Automobile Company membangun Henry Ford Company pada 30 Nopember 1901, dengan Ford sebagai kepala Enginering. Pada tahun 1902, Henry Ford meninggalkan perusahaan yang telah memakai namanya ini dikarenakan Murphy membawa Henry M.Leland masuk sebagai konsultan. Maka dengan kepergian Ford inilah, Murphy mengubah nama perusahaannya menjadi Cadillac Automobile Company.

Pada 16 Juni 1903, Ford dengan dukungan dari dari Malcomson, Dodge bersaudara, John S. Gray, dll..membentuk sebuah perusahaan baru FORD MOTOR COMPANY dengan modal $28.000. Pada design mobil barunya, Ford mengadakan eksibisi diatas dataran es di Lake St Clair. Mengendarai mobil dengan jarak tempuh 1.6 km dalam waktu 39.4 detik, membuat suatu rekor baru kecepatan waktu itu yaitu 147 km/jam.
Melihat keberhasilan ini, pembalap Barney Oldfield yang memberi nama mobil baru Ford ini dengan nama "999", dengan bangga mengendarai mobil keliling yang membuat merk FORD menjadi terkenal di Amerika.
unquote

Pelajaran yang dapat ditarik bahwa kita tidak boleh menyerah meskipun sudah berkali - kali jatuh dan gagal. Seperti yang dikatakan Mas Arif dalam BLOG MOTIVASI SUKSES, bahwa kita harus sukses.. Dan dengan membaca adalah salah satu kunci untuk menambah wawasan serta pengetahuan kita...

Pendapat anda ?

Posted by Yudie at 3:44 PM  

3 comments:

bagus,,mativate bgt bro,,,,,

suloyo said...
March 23, 2009 at 11:34 AM  

nice post mas yudie :) pemenang sejati tidak melihat kegagalan sebagai sebuah kegagalan. Karena dalam kamus idupnya tidak ada kata gagal yang ada hanya sukses atau belajar. Luar biasa mas yudie :)

BLOG MOTIVASI SUKSES Help You Reach Your Success

March 24, 2009 at 11:10 AM  

@suloyo : sama-sama bro..

@Blog Motivasi Sukses :
banyak belajar dari Mas Arif nih.. thanks banget Mas Arif.. Sukses selalu buat anda..

Yudie said...
March 25, 2009 at 8:19 AM  

Post a Comment