RI-64
Custom Search

RA KARTINI

Tuesday, April 21, 2009

Pagi ini seperti biasa aku berangkat ke kantor jam 7.30. Tetapi yang tidak biasa adalah disetiap perempatan jalan dijaga oleh Polisi Wanita (Polwan). Sedikit aneh? Ahhh..enggaklah..Aku inget hari ini 21-April adalah peringatan hari lahir pejuang emansipasi wanita Indonesia, Raden Ajeng Kartini, dan diperingati sebagai Hari Kartini.
Dan seperti pada umumnya setiap tanggal 21 April, banyak instansi pemerintah atau kantor-kantor layanan publik mewajibkan karyawan atau pegawainya mengenakan pakaian adat daerah Indonesia khususnya bagi para ibu dan wanita, seperti kantor-kantor bank dsb. Dan kebetulan juga aku hari ini ada urusan ke salah satu operator telekomunikasi untuk mengurus sambungan internet dan dilayani oleh Customer Service yang mengenakan pakaian adat Sunda.

Tetapi tidak dikantor tempatku bekerja. Semua karyawan pria dan wanita tetap memakai pakaian seperti layaknya hari biasa. Maklum, kalau harus pakai pakaian adat daerah malah gak bisa kerja hehehehe...
Tetapi bukan itu intinya, bukan dari pakaian yang kita pakai makna dari peringatan ini. Pakaian hanyalah simbol bahwa perjuangan dari RA Kartini untuk memajukan kaum wanita di seluruh Indonesia yang pada saat itu dibatasi ruang geraknya dibawah kaum Pria lewat kumpulan surat-suratnya yang dibukukan menjadi Habis Gelap Terbitlah Terang.

Tetapi bagaimana kaum ibu/wanita Indonesia sekarang turut berperan serta untuk kemajuan bangsa dan negara tercinta ini.
Mungkin tanpa RA Kartini, negara kita tidak akan pernah mempunyai Presiden wanita pertama. Atau mungkin sampai saat ini aku tidak mengenal Mbak Fanda sebagai penulis yang hebat, atau Bu Reni yang dengan catatan kecilnya membuat hati tergelitik, mungkin.
Tapi sekarang semua perjuangan bangsa ini menjadi milik kaum pria dan wanita tanpa ada perbedaan hak dan kewajiban, semua sama. Dari semua segi kehidupan bangsa ini, dari pemerintahan didaerah-daerah terpencil sampai ditingkat nasional, sudah banyak pemimpin-pemimpin wanita. Siapa yang tidak mengenal Ibu Mega, Ibu Sri Mulyani, Ibu Martha Tilaar, Ibu Dewi Motik dsb (maaf..maaf...tidak bermaksud berpolitik apalagi kampanye..hanya sebagai contoh pemimpin wanita Indonesia sekarang). Kita juga pernah punya calon astronot wanita Indonesia pertama dari Ibu Pratiwi Pujilestari Sudarmono. Semua aku pikir tak lepas dari jasa Ibu RA Kartini ini.

Jadi sudah saatnya wanita Indonesia bebrbuat lebih buat kemajuan bangsa dan negara tercinta ini.

Selamat Hari Kartini

Posted by Yudie at 12:07 PM  

6 comments:

Wah..surprise jg nih. Niatnya tadi baca ttg RA Kartini, kok tiba2 ada namaku disebut2? Dibilang penulis hebat lagi?? *tersipu-sipu mode:on*
Aku memang hobby nulis, dan blog adalah tempat aku bisa menuangkan ide, pemikiran, dan perasaan. Itu aja kok. Thanks ya buat perhatian mas Yudie pada kaum wanita di hari Kartini ini, dan atas apresiasinya pada blogku.

Fanda said...
April 21, 2009 at 7:25 PM  

tanpa Ibu Kartini, mungkin wanita Indonesia masih belum seperti sekarang ini ya..

makanya perempuan Indonesia harus berterimakasih ke Ibu Kartini (yang nama aslinya adalah Harum...hehe)

April 21, 2009 at 7:29 PM  

Wah..., kayak mbak Fanda aku terkejut juga mas !! Kebetulan aku juga barusan posting tentang Kaetini dan saat mampir kesini tergelitik juga baca postingan mas Yudie tentang Kartini. Whaa... ada namaku disebut-sebut... *muka memerah karena seneng*
Makasih utk perhatian dan dukungannya selama ini, ya ??

reni said...
April 21, 2009 at 10:49 PM  

@Mbak Fanda & @Bu Reni..maju terus yaaa....
@Pak Budi... hhihihhihi...bener Pak..nama aslinya Harum :)

Yudie said...
April 22, 2009 at 9:34 AM  
Fetra said...
April 24, 2009 at 3:26 AM  

Kartini memang sosok yg patut diteladani. Bukan hanya bagi wanita tetapi kaum Adam pun patut mengambil pelajaran dari keberanian Kartini. Btw, good post mas Yudie :)

Maaf baru sempat berkunjung n komen mas. Lagi sibuk banget akhir2 ini. Susah banget nih ngatur waktu. Apalagi kayaknya lagi gak semangat neh ngeblog.... hehehe... Yah namanya juga manusia...

Keep on posting great article mas Yudie. Saya dukung selalu. Tetap semangat!

BLOG MOTIVASI SUKSES Help You Reach Your Success

April 26, 2009 at 10:59 AM  

Post a Comment