RI-64
Custom Search

RYAN JOSEPH GIGGS

Thursday, April 30, 2009

Kali ini aku mau menulis tentang salah satu idolaku (maaf bagi yang bukan fans-nya Man. United yaaa..) Just to share about him.

Bagi para penggemar dan penggila sepakbola pasti sudah tahu pemain yang satu ini. Terutama bagi para fans Manchester United. Dialah pemain dengan nomer punggung 11 yang mempunyai dribbling dan lari yang lincah dan selalu beroperasi di sayap kiri maupun kanan Manchester United dengan tendangan kaki kiri (kidal) yang akurat, Ryan Giggs.
Baru-baru ini dia dianugerahi PFA player of the year 2009. Sebuah ajang penghargaan bagi pemain bola Inggris yang dipilih oleh para pemain professional di Liga Inggris. Dia telah mengalahkan nama-nama keren lainnya semisal Christiano Ronaldo, Nemanja Vidic, Rio Ferdinand, Steven Gerrard, Fernando Torres, Frank Lampard, John Terry dll.

Inilah sekilas tentang Ryan Giggs yang aku ambil dari berbagai sumber (Inside United, Bola, ManUtd.com, wikipidea).

Pemain kelahiran 29 Nopember 1973 di Canton-Cardiff, Wales ini mempunyai nama asli Ryan Joseph Wilson. Ayahnya Danny Wilson adalah seorang pemain Rugby professional dari klub Cardiff RFC, sedangkan ibunya bernama Lynne Giggs.
Pada tahun 1980, ketika Ryan berumur 6 tahun ayahnya dikontrak oleh klub Swinton RLFC dan dia membawa serta ibu dan tentu saja Ryan kecil pindah ke bagian Utara kota Manchester. Ryan yang sangat dekat dengan kakek dan neneknya di Cardiff sering pulang kesana tiap akhir pekan atau waktu liburan sekolah.

Setelah pindah ke Manchester inilah Ryan kecil bergabung dengan klub lokal Dean FC yang pada saat itu dilatih oleh pelatih tim yunior Manchester City yaitu Dennis Schofield. Debutnya bersama Dean FC yang berkesudahan dengan kemenangan 9-0 atas Stretford Vics membuat kagum semua orang dan dia terpilih sebagai the best player pada saat itu. Tanpa ragu, Schofield merekomendasikan Ryan Giggs pada klubnya Manchester City dan dia diterima di sekolah / akademi sepakbola klub Manchester City.
Sementara itu Ryan Giggs melanjutkan untuk bermain bersama klub Salford Boys yang mencapai final pada kompetisi Granada Schools Cup di Anfield – Liverpool pada tahun 1987 melawan Blackburn. Ryan yang bertindak sebagai kapten team berhasil membawa rekan-rekannya menjuarai kompetisi ini, dan piala diserahkan kepadanya oleh Petinggi klub Liverpool Yunior pada saat itu, Ron Yeats. Dan Yeats pun merekomendasikan Ryan kepada manjemen klub Liverpool.

Tetapi ternyata selama Ryan masih bermain untuk Dean FC, para pemandu bakat dan salah seorang penjaga (steward) Old Trafford, Harold Wood sering melihat aksi-aksi Ryan. Dan secara berkala dan tidak kenal menyerah dia mendekati dan menginformasikan hal ini kepada para staf senior Manchester United. Sampai pada akhirnya Harold Wood mempunyai kesempatan untuk berbicara langsung secara pribadi dengan Sir Alex Ferguson (boss United).
Harold Wood mengatakan kepada Fergie bahwa bocah ini sekarang bermain untuk Manchester City yunior, dan anda akan menyesal kalau tidak bisa mendapatkannya.
Segera Fergie (Sir Alex Ferguson) mengutus para pemandu bakatnya untuk memantau Ryan pada tiap pertandingan Dean FC. Mereka kagum akan kemampuan dribbling dan olah bola Ryan yang prima. Dan akhirnya United menawarkan masa percobaan pada Ryan selepas Natal 1986.
Pada masa percobaan ini, Ryan bermain untuk Salford boys melawan team under 15 nya Manchester United. Dan dia mencetak hattrik (3 gol) dalam pertandingan yang juga disaksikan oleh Fergie ini.
Dari sinilah pada ulang tahunnya yang ke-14 pada bulan Nopember, Fergie dan pemandu bakat Joe Brown datang ke rumah Ryan untuk menawarkan 2 tahun kontrak untuk berseragam Akademi United dan menjanjikan pada tahun yang ketiga akan bermain di tim utama United.

Ketika berumur 16 tahun, orang tua Ryan bercerai, maka Ryan pun melepas nama belakang Wilson dan menggantinya dengan nama belakang ibunya, menjadi Ryan Joseph Giggs, atau lebih dikenal Ryan Giggs saja.
Pada tahun 1989, Ryan Giggs juga sempat membela tim nasional Inggris U21, tetapi karena dia tidak mempunyai silsilah keturunan Inggris maka diputuskan untuk tetap membela tim Nasional Wales.

Karir professional Giggsy, dimulai pada 29 Nopember 1990 ketika dia merayakan ulang tahunnya yg ke 17. Dan tanggal 2 maret 1991 adalah debut pertamanya bersama tim inti United ketika bertanding melawan Everton di Old Trafford sebagai pemain pengganti dari Dennis Irwin. Dari sinilah awal dari karir gemilang Giggsy bersama Manchester United, dan dia telah menjadi salah satu kekuatan inti Manchester United.
Saat aku posting tulisan ini, Giggsy telah memainkan 800 pertandingan bersama Manchester United setelah dini hari tadi bertanding melawan Arsenal pada Semifinal leg pertama Liga Champion Eropa sebagai pengganti dari Anderson pada menit ke-65. Dimana Giggsy sempat juga mencetak gol yang dianulir wasit karena sebelumnya dia terperangkap offside.
Rekor ini mengalahkan rekor dari legenda United lainnya yaitu Bobby Charlton yang telah bermain 756 kali bersama United.

Dengan umurnya yang sudah tidak muda lagi untuk pemain bola (35 th), Giggsy telah mengoleksi bermacam – macam Piala dan gelar pribadi, diantaranya :
10 Piala Priemer League
4 Piala FA
3 Piala Liga (Charling)
7 Piala FA Community shield
2 Piala Liga Champion Eropa
1 Piala Super
1 Piala Intercontinental
1 Piala Dunia Antar Club

Sedangkan untuk gelar pribadi dia telah mendapatkan banyak seperti beberapa kali terpilih sebagai PFA Young Player of the year. Dan tentu saja yang baru-baru ini diterima yaitu PFA Player of the Year 2009.

Beberapa hal baik yang bisa diambil dari Ryan Giggs adalah :
1) Dengan disiplin yang tinggi, Giggsy telah memberikan contoh hebat untuk menjadi seorang pemain terbaik walaupun usianya sudah tidak muda lagi.

2) Dia merupakan pemain yang bersih, dalam artian tidak neko-neko pada kehidupan pribadinya. Pekerjaan yang paling utama. Dan kesetiaan bagi klubnya Manchester United yang telah dibelanya dari dia mengawali karirnya sampai sekarang.

3) Dia patut menjadi panutan bagi para yuniornya..dan mungkin bagi kita semua meskipun dia hanyalah kapten ke-3 di Manchester United. Dia akan memberikan yang terbaik buat tim meskipun ban kapten tidak melingkar dilengannya. Karena dialah sesungguhnya pemimpin sejati.

Posted by Yudie at 4:09 PM  

12 comments:

Giggs adalah salah satu pemain di MANU yg saya kagumi mas..
dribblingnya..kecepatan larinya..(saya rasa dia punya otot yang kuat di daerah pinggul..jadi akibat goyangan ini, maka lawan ga bisa menebak kemana dia akan membawa bola).
selain kemampuan teknis yang ciamik di atas..yg saya kagumi adalah loyalitasnya terhadapat MU (ini sama dgn Paul Scholes).
kalo soal tawaran sy yakin dia pasti banyak mendapatkan tawaran..tapi ditepis semua..dan dia sangat betah di MU.
banyak hal yang bisa dipetik dari Giggs..
Two tumbs up for him (kalo perlu 4 deh..termasuk jempol kaki..hehe)

April 30, 2009 at 9:33 PM  

sama Pak... saya juga penggemar berat. Tahun 2003 sempat ada isu dia akan hijrah ke Inter Milan..Tapi ternyata hatinya memang untuk United... bener-bener 4 jempol buat dia...

Yudie said...
April 30, 2009 at 11:05 PM  

salah satu pemain favorit saya juga nih
kecepatannya waktu muda bikin geleng2

anak nelayan said...
May 1, 2009 at 12:19 AM  

jd makin kenal ma punggawa MU yg satu ini. Ditunggu posting ttg pemain lainnya, mungkin dr klub lain jg...

Fanda said...
May 1, 2009 at 2:09 PM  

Aduh..., aku gak kenal tuh.
Siapa ya .... ??
*kabuuuuurr....*

reni said...
May 1, 2009 at 9:23 PM  

Good post mas Yudie :) saya juga penggemar berat bola termasuk MU. Namun tidak begitu mengikuti perkembangan bola. Btw, selain MU, mas Yudie fans klub bola yg mana lagi neh? Kalo liga Itali fans gak?

Yang Baru Di BLOG MOTIVASI SUKSES Klik Disini!

May 2, 2009 at 9:50 AM  

Waduh... kalo yang ini nggak bisa komen mas... Jaka Sembung = kagak nyambung

Mulyati said...
May 2, 2009 at 10:53 AM  

@Anak Nelayan : yoi bro..keren banget larinya..bikin susah lawan.

@Fanda : iya Mbak..ntar dicari lagi profil pemain2 lainnya.

@Bu Reni & Mbak Atik : hihihhi bukan penggemar bola sih yaaaa...

@Mas Arif : Juve ama Milan Mas... utk lokal ya PERSEBAYA ama PERSIKABO ... :)

Yudie said...
May 2, 2009 at 11:39 AM  

sep dah sama2 berjuang.. (aku liverpudlian getoloh)

May 2, 2009 at 3:51 PM  

Ryan giggs sayangnya orang wales yah...
Nggak bisa ngangkat piala apa2 untuk negaranya.....
kalo di M.U. sih jangan di tanya lagi..
Bravo giggs...

buwel said...
May 2, 2009 at 5:14 PM  

@Mas Ayas..iya mas ..yg penting bravo sepakbola...

@Buwel : sayang sekai memang.. padahal kalo dia bela timnas Inggris, kayanya bakal
seru...
Inggris kan minim left winger ya...

Yudie said...
May 4, 2009 at 7:33 PM  

Asik ada kawan.. Giggs juga pemain idolaku mas. United forever..!

Bang Del said...
May 24, 2009 at 8:35 AM  

Post a Comment