RI-64
Custom Search

THE ADVENTURE - RAFTING

Tuesday, May 12, 2009

Jalan-jalan kami kali ini sedikit mencari tantangan. Tadinya kami berencana hanya untuk beberapa orang saja, sekitar 10an oranglah. Tetapi ternyata antusiasme peserta cukup tinggi, dan tidak hanya datang dari kantor kami saja. Dan akhirnya terdaftarlah sekitar 41 orang peserta. Kali ini kami berhasil mengajak para expatriates yang bekerja di kantor kami sebagai designer dan technician.

Dengan 41 peserta, kami mendapat diskon 25% + 5% dari penyelenggara, dalam hal ini Cherokee , karena pada bulan April s/d Juni ini mereka menyelenggarakan THE BEST TRIP program yang memberikan diskon untuk peserta diatas 30 orang. Jadi buruan kalau berminat...

Kami berangkat pagi hari dari Cibinong, (sayang sekali Kang Tatang gak jadi ikutan) dengan menggunakan 8 mobil beriringan. Dari awal pemberangkatan, kami sudah mengalami beberapa masalah. Mobil dari salah satu teman kami ditabrak bis ketika baru keluar dari SPBU di Sentul-Bogor. Setelah berunding sebentar dengan sopir bis tersebut untuk memperbaiki sedikit kerusakan dibagian samping, maka kami melanjutkan perjalanan. Setelah kami masuk gerbang tol Sentul, ternyata salah satu mobil ditabrak lagi dijalan tol Jagorawi, dan kali ini sedikit terjadi ketegangan dan keributan. Tetapi syukurlah kembali hal ini bisa diselesaikan dengan damai, dan kami bisa melanjutkan perjalanan dengan 2 mobil dalam keadaan penyok…hihihiihh….

Seperti biasa pada setiap akhir pekan di jalan tol Jagorawi, kamipun juga dihadang kemacetan panjang menjelang pintu keluar tol Ciawi. Kemacetan sebetulnya ada pada jalur kearah Puncak, namun berimbas pada jalur kearah Sukabumi dimana kami akan menuju. Lepas dari jalur Ciawi, perjalanan kamipun lancar, kecuali sedikit tersendat didaerah pasar Cibadak (ini mah biasa…).

Jam 12.00 siang, kami tiba di meeting point Cherokee didesa Bojongkerta. Kami segera menuju ke petugas untuk menanyakan jadwal kami. Ternyata untuk jadwal pertama pada pagi hari sampai kami datang belum sampai di finish point, maka kami harus menunggu lagi sekitar 1 jam. Waktu 1 jam ini kami pergunakan untuk mulai membangun kekompakan pada setiap peserta, juga kami pergunakan untuk mengisi perut dulu yg tentu saja juga sudah disediakan oleh penyelenggara, karena kami sadar betul beratnya medan arus sungai yang akan kami hadapai. Ditunjang lagi dengan cuaca yang mendung menambah rasa penasaran kami untuk segera mencebur ke sungai.


mejeng dulu sambil ngisi perut


Tibalah saat yang kami tunggu, kami bergerak kearah sungai Citatih untuk memulai arung jeram/rafting yang berjarak sekitar 13 km dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dengan karakter arus dan jeram yang ada, kami menempuh arungan pada grade 3+, artinya mengarungi sungai yg mempunyai karakter Big, Noisy, and Complex with rocks, currents an turns. Difficulty – beyond the competends dan lain-lain dahhh…

Setelah memasang perlengkapan keamanan seperti helm dan pelampung, dan juga mempersiapkan dayung bagi para peserta, kami sedikit diberi briefing oleh pemandu kami sebelum menaiki boat. Ini bertujuan untuk safety dan rescue bila terjadi sesuatu ditengah jeram dan arus sungai yg deras. Dan tentu saja para skipper / guide yang sangat professional ini menekankan pada pentingnya safety dan kerjasama tim.

Jam 2 siang, kami semua sudah naik ke boat masing-masing, 1 boat diisi oleh 6 s/d 7 orang termasuk skipper. Skipper inilah yang selalu memberikan aba-aba pada kita tentang apa yang harus kami lakukan dalam mengarungi derasnya arus sungai. Sebelum benar-benar mengarungi arus, kami beberapa saat maju mundur dulu sambil mempraktekkan apa yang telah diajarkan oleh para skipper. Setelah semua siap, maka arung jeram dimulai.

Awalnya ngeri juga setelah tahu ternyata di boat-ku cuma aku dan skipper yang bisa berenang..selebihnya 5 orang lagi yang kebetulan cewek sama sekali tidak bisa berenang. Waahh… aku berpikir keras mencari akal agar mereka berlima tidak merasa ngeri, takut dan panic. Aku membuat aturan diatas boat, bahwa setelah kami mengarungi tiap tiap jeram, kami harus mengangkat dayung sambil berteriak dan ini dilakukan oleh 7 orang diatas boat termasuk skipper. Ternyata jurus ini ampuh untuk menghilangkan ketegangan mereka, malahan sekarang mereka ketagihan untuk ikutan rafting lagi..hehehehe.. sabar yaaa…ntar diatur lagi..

Ternyata pemandangan disepanjang aliran sungai Citatih ini sungguh bagus dan indah. Tidak hanya batu-batuan besar dan kecil ditengah sepanjang arus sungai yang deras, tetapi dikanan kiri pinggiran sungai juga terdapat tebing-tebing dan kebun-kebun penduduk yang enak dilihat. Dan juga suara kicau burung saat kami melintas disekitar perkebunan karet dipinggir sungai. Ditambah lagi pada saat ditengah sungai, hujan turun dengan lebatnya disertai sedikit petir, menambah indahnya pemandangan (sayang tidak bisa diambil fotonya, karena semuanya kami tinggalkan di locker).

Sedangkan untuk arung jeramnya sendiri memang benar-benar menantang. Kami melewati beberapa jeram yang lumayan cukup dalam dengan batu-batuan besar dikanan kiri mengelilingi kami. Ada beberapa jeram yang dalamnya mencapai sekitar 2 meter dengan arus yang sangat deras. Benar-benar dibutuhkan konsentrasi, kerjasama tim dan keseimbangan dalam boat agar tidak terbalik. Pasti akibatnya akan sangat berbahaya jika boat terbalik diantara batu-batuan tersebut. Ada beberapa boat yang terbalik saat itu, dan 1 orang cedera pada kakinya dan mendapat perawatan dari para anggota tim Rescue. Dialiran sungai ini juga beberapa plat (aliran sungai yang tenang) dengan kedalaman sekitar 4 meter. Disinilah kami menyempatkan diri mencebur untuk berenang bersama dan menjadikan sebagai rest point untuk sekedar makan makanan ringan yang disediakan Cherokee dan bercengkrama dengan para peserta lainnya. Sungguh merupakan unforgettable moment buat kami semua. Disini terungkap bahwa dari 41 orang peserta rombongan kami, cuma beberapa orang saja yang pernah mengikuti acara rafting termasuk saya, selebihnya merupakan pengalaman pertama bagi mereka. Aahh…kalian benar-benar teman yang pemberani guys…!!


Rest point-mejeng lagiii...


Jam 5 sore, kami tiba di finish point dengan basah kuyub tentu saja, dan dengan perasaan fresh juga lega karena berhasil menaklukkan tantangan yang telah diberikan oleh penyelenggara. Kami segera membersihkan diri dang anti pakaian, makan malam yang telah disediakan dan juga pijat gratis.

Pelajaran yang dapat aku ambil dari perjalananku kali ini adalah:

- Kerjasama mutlak diperlukan dalam melakukan setiap pekerjaan, tidak perduli apa dan siapapun dan dalam keadaan yang bagaimanapun. Karena tanpa kerjasama mustahil kita dapat melakukan suatu pekerjaan dengan sempurna.

- Setiap orang pasti mempunyai semangat dan keberanian untuk melakukan sesuatu, pada suatu hal yang berbahaya sekalipun. Keberanian dan semangat ini akan muncul bila ada yang mengasahnya dan berani terjun didalamnya secara langsung.

- Mensyukuri karunia Tuhan, yang telah mencipatakan keindahan alam yang bisa kita nikamti dibumi Indonesia tercinta ini.

- Ketagihan pengen rafting lagii…hehehehee..

Posted by Yudie at 1:12 PM  

11 comments:

Wih..., asyik banget tuh...!!! Jadi iri deh. Seru banget kayaknya....

reni said...
May 12, 2009 at 7:17 PM  

mantap!, keren..... ngabibita!
iraha abdi nya?.......
waduh...asyik pisan da yakin abdimah tah ....

kang tatang

kang tatang said...
May 12, 2009 at 10:07 PM  

@Bu Reni : seru banget memang Bu... jadi pingin lagi...

@Kang Tatang : aduh Kang Tatang..kumaha atuh...ke' wee diatur deui... hehehehe...

Yudie said...
May 12, 2009 at 10:23 PM  

Duuuh kayaknya seru banget nih...
emang kalo rafting bisa membuat kita lebih dekat dan mengagumi sang penguasa ya,...

buwel said...
May 13, 2009 at 12:03 AM  

Nah..akhirnya dibagi-bagi jg tuh oleh2nya... Aku dr dulu pengen rafting tp ga kesampaian. Agak takut jg sih, soalnya ga bs berenang, hehehe...

Fanda said...
May 13, 2009 at 9:51 AM  

@Boss Buwel : heheheh salah satunya begitu boss... yuk rafting bareng...

@Mbak Fanda : asik kok Mbak..skipper dan Rescue nya profesional..kan pake pelampung juga..

Yudie said...
May 13, 2009 at 11:17 AM  

mantep nih, jadi pengen

kang dwi said...
May 13, 2009 at 10:52 PM  

wah jadi pengen....kapan yah aku bisa..

angga said...
May 14, 2009 at 11:33 AM  

asyik yy the adventure nya n jdi kepengen ikutan...

alfi said...
May 14, 2009 at 2:12 PM  

pengen lah liat ntu...

Anonymous said...
May 17, 2009 at 2:30 AM  

pengenlah liat ntu...

Aka Aceh, said...
May 17, 2009 at 2:31 AM  

Post a Comment