RI-64
Custom Search

SCUDERIA FERRARI F1 TEAM - what's up ?

Tuesday, May 19, 2009

Musim Balap F1 tahun 2009 memang sudah berlangsung 5 seri. Dan dari 5 seri yang telah berlangsung itu muncul kejutan diantaranya terpuruknya tim-tim langganan juara seperti Ferrari, Mc Laren Mercedes dan Renault.

Menarik ide yang dilempar Mbak Fanda ketika aku sedang jenuh membuat content, kenapa gak mengomentari terpuruknya Ferrari di
F1 Racing musim balapan tahun 2009 ini. Padahal Ferrari adalah salah satu tim besar di dunia F1, dan pengoleksi gelar juara dunia Pembalap serta Konstruktor terbanyak. Aku pikir oke juga... sambil mengasah otak gak ada salahnya mengomentari tim F1 favoritku ini..Scuderia Ferrari F1 - The Prancing Horse.

Dari tim ini telah lahir pembalap – pembalap legendaris di dunia balapan jet darat. Mulai dari jaman Jose Froilan Gonzales di tahun 1951, Alberto Ascari tahun 1952, Juan Manuel Fangio 1956, Mike Hawthorn 1958, Phil Hill tahun 1961, Jhon Surtees 1964, Niki Lauda 1975, 1976, 1977, Jody Scheckter 1979, dan tentu saja sang legenda Michael Schumacer 2000, 2001, 2002, 2003 dan 2004.

Lompatan khas Schumacer

Michael Schumacer sendiri telah mengoleksi total 7 kali gelar juara dunia pembalap diajang ini yang sebelumnya 2 kali dia raih bersama tim F1 Benetton pada tahun 1994 dan 1995.
Dan setelah Schumi pensiun dari ajang balapan jet darat ini pada akhir musim 2006, kiprahnya diganti oleh pemuda Finlandia - Kimi Raikonnen yang notabene adalah rival beratnya ketika masih membela tim Mc Laren Mercedes. Dan Kimi Raikonen sukses menjadi juara dunia bersama The Prancing Horse pada tahun 2007 lalu.

F1 (Formula One) yang pada saat ini diketuai oleh Bernie Eclestone pada perkembangannya telah banyak mengalami perubahan bermacam-macam aturan, baik secara tehnis pada mobil maupun pada peraturan saat qualifying dan race.

Perubahan-perubahan teknis tersebut diantaranya :

- Ban
Setelah menghilang selama 10 musim balapan F1, maka pada musim balap tahun 2009 ini ban slick (botak) diperkenankan untuk dipakai kembali. Ban jenis ini mempunyai daya cengkram yang lebih baik sekitar 20% daripada ban jenis groove (beralur).

- KERS (Kinetic Energy Recovery Systems)
Alat ini berfungsi untuk menyimpan tenaga yang hilang pada saat pengereman dan akan dipakai sebagai tenaga pendorong setelah mobil melewati tikungan. Kebanyakan para pembalap F1 belum begitu familiar dengan alat ini.

- Mesin
Tenaga mesin untuk musim balap 2009 dibatasi hanya sekitar 18.000 rpm aja.

- Aerodinamis
Seiring dengan dipakainya kembalai ban slick, otomatis downforce atau daya tekan kebawah mobil akan banyak terkurangi. Dan ini berpengaruh pada design mobil akan menjadi lebih ramping.

Sedangkan peraturan lainnya adalah pada keseluruhan pada saat test drive, kualifikasi dan balapan. Misalnya selama dalam musim balap tiap tim dilarang melakukan uji coba mobil.

Semua peraturan tersebut diatas tentu saja dibuat untuk semua tim peserta balapan. Tetapi kenapa tim – tim besar macam Ferrari, Mc Laren Mercedes, Renault, William bisa KO (baca keok) dalam 5 seri awal balapan yang telah berlangsung. Bahkan Ferrari yang biasanya sangat perkasa ditiap musim race sampai sekarang para pembalapnya tercecer diluar 10 besar klasemen pembalap…nah lhoo…. Gimana neh Pak De Kimi dan Kang Massa ? What'z up guys.... ??

Ada apa dengan tim sebesar dan sesukses Scuderia Ferrari bisa terpuruk pada balapan tahun ini? Dan kenapa pula tim gurem macam Brawn GP bisa sukses luar biasa?
Mari kita simak beberapa pendapat yang aku ambil dari berbagai sumber, termasuk dari sumber mata air pegunungan Gunung Salak di Bogor… (duuuhh..)

1) Adanya perubahan manajemen ditubuh tim Prancing Horse pada musim balap 2008 yang sebelumnya dipimpin oleh seorang Team Principal dari Perancis, Jean Todd dan digantikan oleh Stefano Domenicali.
Bukan mengecilkan arti seorang Stefano Domenicali, tetapi coba kita menoleh lagi kebelakang dimana keberhasilan seorang Michael Schumacer menjadi juara dunia 5 kali bersama Ferrari tak lepas peran dari Jean Todd yang merupakan ahli strategi ulung didunia F1. Terbukti juga dengan melayangnya gelar Kimi Raikonnen ke tangan Lewis Hamilton pada musim 2008 ini. Juga jangan lupakan peran seorang Rass Brawn (Direktur Teknik waktu itu) dan sejak tahun 2008 juga pindah ke tim Honda F1. Dan sekarang Rass Brawn menjadi pemilik Brawn GP yang fenomenal itu setelah Honda mundur dari dunia F1 dan sebagian besar sahamnya dibeli Rass Brawn. See…. !!

2) Banyak yang menilai kalau musim 2009 ini, baik Ferrari dan Mc Laren Mercedez tidak cukup konsentrasi dalam menyiapkan kendaraannya. Ini dikarenakan konsentrasi mereka terpecah untuk perebutan gelar juara Pembalap tahun 2008 antara Felippe Massa (Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mc Laren). Tentu pembaca masih ingat sengitnya persaingan diantara mereka berdua yang pada akhirnya ditentukan pada seri balapan terakhir di sirkuit Interlagos di Sao Pauolo – Brazil dimana Felippe Massa berhasil menjuarai seri tersebut. Tetapi poin Massa masih tertinggal 1 poin dari Hamilton yang akhirnya keluar sebagai juara dunia tahun 2008.
Konsentrasi yang terpecah inilah yang akhirnya membuat tim teknis Ferrari kurang intens dalam mencari solusi pada ketahanan mesin (reliability) yang sering melanda mobil mereka.

3) Adanya persepsi yang salah dari Ferrari tentang Diffuser (sayap belakang). Yang dikiranya menyalahi aturan, tetapi Brawn GP, Scuderia Torro Rosso dan lainnya telah memakai alat ini dan oleh FIA dinyatakan sah. Akhirnya Ferrari pun mencontek design diffuser ini…ceileee..

4) Pembalap ? may be... yes, may be..no (Agus Ringgo "mode on")...
Tetapi kita tahu, Kimi Raikonen dan Felippe Massa adalah pembalap handal. Kemampuan mereka tidak kalah dari Michael Schumacer. Terbukti Kimi adalah pesaing berat Schumy dimusim – musim sebelumnya ketika dia masih membela Mc Laren. Sedangkam Massa, kiprahnya dalam mengawal seorang Kimi Raikonen menjadi juara dunia 2007 dan juga dalam perebutan juara dunia 2008 yang hanya kalah 1 angka saja dari Hamilton, tetapi Massa mempunyai keunggulan di akumulasi naiknya dia di podium…nahh…hebatkan.. ?
Mungkin kekurangan mereka dari Schumacer adalah kurangnya komunikasi tehnis dengan para
mekanik, seperti kita tahu Schumy jagonya dibidang ini…

Apakah Ferrari lempar handuk ? NO WAY….!! Itu kata Felippe Massa.. balapan baru berjalan 5 seri dan masih ada 12 seri lagi yang harus digeber…. Masih ada 120 poin pembalap yang diperebutkan sebagai pembalap nomer 1.
Jadi…kapan neh Ferrari ? ayooo beri aku senyum dingin The Ice man…dan kepalan tangan Felippe Massa diatas podium tertinggi F1 musim ini… jangan lupa semburan Sampanye nya yaa…

Posted by Yudie at 5:05 PM  

34 comments:

Naaahh...ini yg kutunggu. Ternyata diterima jg tantanganku! Klo teoriku, justru faktor Ross Brawn-lah yg plg mempengaruhi (lihat aja Brawn GP, trus Adrian Newey yg bikin mobilnya Red Bull, sekrg 2 tim ini yg hebat. Tanda kompetisi Brawn-Newey lanjut lg setlh mereka ketemu di Ferrari-McLaren). Kombinasi Brawn-Schumi-Todt menjadikan Ferrari begitu perkasa.

Schumi sendiri ternyata agak payah dlm strategi, di Sepang pas hujan dan Kimi salah pake ban (ganti ban extreme wet terlalu dini), itu konon jg Schumi yg maksa.

So, ini bukti bhw F1 bkn hanya soal siapa yg plg cepat. Kkompakan tim, keahlian teknik, ramuan strategi, dan pembalap...semuanya berperan. That's I love F1 so much. It's not just a game, it's a business!

Tp aku pesimis Ferrari bisa menang thn ini, kemungkinan mrk akan lbh fokus utk thn depan, sambul tetap ngembangin tuk thn ini. Bravo Ferrari!

Fanda said...
May 19, 2009 at 8:21 PM  

@Fanda : bener banget mbak Fanda.. RB dan Adrian Newey memang hebat. Newey adalah perancang mobil F1 kelas 1, Mc Laren adalah buktinya sampai tahun lalu sebelum pindah ke Red Bull. Hihihi..ternyata mbak Fanda bener2 gila F1 yaa....

Yudie said...
May 19, 2009 at 8:28 PM  

waaah ternyata mas yudhie pengamat f1 juga toh kayak mbak fanda....
komplit bener yak tulisannya....
kalo dulu aku suka sama si senna, bener nggak ya....udah lama sih keknya si senna ini...l

buwel said...
May 19, 2009 at 9:22 PM  

hidup schummy...hehehehehhe..
masih ada kan si schummy ini..
salam kenal mas....

ajie said...
May 19, 2009 at 9:23 PM  

@Boss Buwel :
Ayrton Senna adalah pembalap dari Brazil. Dia tewas pada balapan di San Marino, Imola-Italia tgl 1 Mei 1994. Pada saat itu dia bersaing ketat dengan Schumi yang akhirnya menjadi juara dunia bersama Benneton.

@Ajie :
Salam kenal juga Mas.
Schumi sudah pensiun jadi sopir-nya Ferrari F1..dia jadi penasihat tim aja sekarang...

Yudie said...
May 19, 2009 at 10:57 PM  

waduh ketinggalan berita nih, ternyata disini ada pengamat f1 toh,hehehe. salam kenal bang ;)

JengSri said...
May 20, 2009 at 4:04 PM  

ngikut aja deh..keren ulasanya

anggaarie said...
May 20, 2009 at 7:22 PM  

saya ngga begitu suka sama balap2an..spt F1..
bagi saya agak membosankan..liat mobil muter2 40-50 lap..
siapa yg punya teknologi lebih bagus..pasti menang..
yg di belakang kalo udah merasa ga bisa nyusul, berharap aja mobil yg di depannya..rusak mesin-lah, ban pecahlah..

kalo bola kan beda...hahaha

boleh beda selera kan mas..pissss

May 20, 2009 at 7:46 PM  

@JengSri : salam kenal juga Mbak Jeng..

@Anggaarie : monggo aja mas...

@Pak Budi : Boleh aja beda Pak..justru perbedaan itu yang bikin seru dan indah...tapi bola tetep jalan terus Pak..heheheheh (gak bisa ninggal klo yg itu)

Yudie said...
May 20, 2009 at 9:15 PM  

Waaa.., aku gak bisa ikutan nimbrung bicara tentang F1 nih... karena aku bukan penghobby-nya. Hehehe..

reni said...
May 21, 2009 at 8:01 AM  

Hm, nice posting. Bagi saya ini penambahan ilmu, untungnya mas Yudie (jg mbak Fanda) lumayan gape posting soal yang satu ini. Hidup F1, hidup mas Yudie.

Newsoul said...
May 22, 2009 at 12:27 PM  

Nice info...salam hangat dari jauh..

Dinoe said...
May 22, 2009 at 5:05 PM  

Bagus banget nih blognya..
hahahaa..
salut dan kembangkan terus..
oh iyah postingan yg ini juga keren nih..
keep blogging..
sukses selalu..!!

Jangan lupa berkunjung dan berkomentar di BLOG HEBOH yah, soalnya ada hadiah buat top komentator.. Hihihii..

May 23, 2009 at 12:20 AM  

blog yang bagus :D
datang dari blogwalking. blogwalking for unity.
salam kenal :D

May 23, 2009 at 2:26 PM  

hidup schummy...xixiixixi

بوويل said...
May 24, 2009 at 2:49 AM  

Wah semenjak sibuk kerja malam gak sempat lagi neh nonton F1

Salam kenal

edylaw said...
May 24, 2009 at 4:08 AM  

Wah, posting dari seorang pengamat yg luar biasa! But, aku gak terlalu suka F1 mas, lebih cenderung ke MotoGP.

Wah, blognya mas Yudie makin hebat aja neh, udah ngalahin Alexa Rank Blog Motivasi Sukses salut! 4 thumbs up deh hehehe...

Yang Fresh From The Oven Dari BLOG MOTIVASI SUKSES Disini!

May 24, 2009 at 7:12 AM  

Pagi sob...berkunjung dihari libur..

Dinoe said...
May 24, 2009 at 7:38 AM  

hehehehe...saya mah kurang tau soal balapan, palingan klo liat balapan lebih suka balap motor

Penikmat Buku said...
May 24, 2009 at 11:45 AM  

minat f1 jgk ker??
sya sgt2 minat f1..
n sokong kimi laa..
xpe2..
myb kat turkey ni ferrari lh naik podium no.1
wee:DD
tgk pretasi diorg kat monaco dah ok..
lgpown massa juara triple kat turkey..
2008,2007,2006..
kimi pown bole mng kat turkey..
sokong kimi k..
;))

cik ateen said...
May 30, 2009 at 12:23 AM  

bener ga schumi mo maen lagi?

December 25, 2009 at 1:42 PM  

Jarang nonton F1 Sob...
Numpang komeng aja ya..

Anak Rantau said...
May 16, 2010 at 1:25 PM  

wow, artikel ny berguna bgt nih sob.. cocok bgt bwt mnmbh wawasan ku seputar tema ini..

sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!

link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!

ntar pasang link ku dengan anchor text "Blogger Template" yach,

dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
sedikit rame dan berwibawa gtu.he3

ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..

d tunggu kehdirannya yach :D

salam dari blogger indonesia setengah bule.he3

makasih..

August 5, 2010 at 1:45 AM  

wah asik dong

April 12, 2012 at 10:52 AM  

nice blog mbak

October 18, 2012 at 11:22 AM  

makasih gan atas informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

smk n btkl said...
July 16, 2013 at 1:47 PM  

terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat buat saya nih

nurul said...
July 16, 2013 at 1:48 PM  

saya kadang melamun ingin jadi pembalap F1, tapi rasanya itu gak mungkin sob ,,,,

smk n btkl said...
July 16, 2013 at 1:51 PM  

terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat sekali bauat saya

derty said...
July 24, 2013 at 11:48 AM  

artikel yang sangat bagus sob sukses selalu ya

BRI said...
July 31, 2013 at 8:51 AM  

Selallu ada harapan dan kesempatan, untuk kita yang mau berusaha

Berhadiah said...
July 31, 2013 at 8:51 AM  

terimakasih banyak sob atas informasinya sangat bermanfaat buat saya

Berhadiah said...
July 31, 2013 at 8:56 AM  

terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain

BRI said...
July 31, 2013 at 8:58 AM  

Thank you so much for the very useful information for me

smk n btkl said...
July 31, 2013 at 9:02 AM  

Post a Comment