SCUDERIA FERRARI F1 TEAM - what's up ?
Tuesday, May 19, 2009
Musim Balap F1 tahun 2009 memang sudah berlangsung 5 seri. Dan dari 5 seri yang telah berlangsung itu muncul kejutan diantaranya terpuruknya tim-tim langganan juara seperti Ferrari, Mc Laren Mercedes dan Renault.
Menarik ide yang dilempar Mbak Fanda ketika aku sedang jenuh membuat content, kenapa gak mengomentari terpuruknya Ferrari di
F1 Racing musim balapan tahun 2009 ini. Padahal Ferrari adalah salah satu tim besar di dunia F1, dan pengoleksi gelar juara dunia Pembalap serta Konstruktor terbanyak. Aku pikir oke juga... sambil mengasah otak gak ada salahnya mengomentari tim F1 favoritku ini..Scuderia Ferrari F1 - The Prancing Horse.
Dari tim ini telah lahir pembalap – pembalap legendaris di dunia balapan jet darat. Mulai dari jaman Jose Froilan Gonzales di tahun 1951, Alberto Ascari tahun 1952, Juan Manuel Fangio 1956, Mike Hawthorn 1958, Phil Hill tahun 1961, Jhon Surtees 1964, Niki Lauda 1975, 1976, 1977, Jody Scheckter 1979, dan tentu saja sang legenda Michael Schumacer 2000, 2001, 2002, 2003 dan 2004.
Michael Schumacer sendiri telah mengoleksi total 7 kali gelar juara dunia pembalap diajang ini yang sebelumnya 2 kali dia raih bersama tim F1 Benetton pada tahun 1994 dan 1995.
Dan setelah Schumi pensiun dari ajang balapan jet darat ini pada akhir musim 2006, kiprahnya diganti oleh pemuda Finlandia - Kimi Raikonnen yang notabene adalah rival beratnya ketika masih membela tim Mc Laren Mercedes. Dan Kimi Raikonen sukses menjadi juara dunia bersama The Prancing Horse pada tahun 2007 lalu.
F1 (Formula One) yang pada saat ini diketuai oleh Bernie Eclestone pada perkembangannya telah banyak mengalami perubahan bermacam-macam aturan, baik secara tehnis pada mobil maupun pada peraturan saat qualifying dan race.
Perubahan-perubahan teknis tersebut diantaranya :
- Ban
Setelah menghilang selama 10 musim balapan F1, maka pada musim balap tahun 2009 ini ban slick (botak) diperkenankan untuk dipakai kembali. Ban jenis ini mempunyai daya cengkram yang lebih baik sekitar 20% daripada ban jenis groove (beralur).
- KERS (Kinetic Energy Recovery Systems)
Alat ini berfungsi untuk menyimpan tenaga yang hilang pada saat pengereman dan akan dipakai sebagai tenaga pendorong setelah mobil melewati tikungan. Kebanyakan para pembalap F1 belum begitu familiar dengan alat ini.
- Mesin
Tenaga mesin untuk musim balap 2009 dibatasi hanya sekitar 18.000 rpm aja.
- Aerodinamis
Seiring dengan dipakainya kembalai ban slick, otomatis downforce atau daya tekan kebawah mobil akan banyak terkurangi. Dan ini berpengaruh pada design mobil akan menjadi lebih ramping.
Sedangkan peraturan lainnya adalah pada keseluruhan pada saat test drive, kualifikasi dan balapan. Misalnya selama dalam musim balap tiap tim dilarang melakukan uji coba mobil.
Semua peraturan tersebut diatas tentu saja dibuat untuk semua tim peserta balapan. Tetapi kenapa tim – tim besar macam Ferrari, Mc Laren Mercedes, Renault, William bisa KO (baca keok) dalam 5 seri awal balapan yang telah berlangsung. Bahkan Ferrari yang biasanya sangat perkasa ditiap musim race sampai sekarang para pembalapnya tercecer diluar 10 besar klasemen pembalap…nah lhoo…. Gimana neh Pak De Kimi dan Kang Massa ? What'z up guys.... ??
Ada apa dengan tim sebesar dan sesukses Scuderia Ferrari bisa terpuruk pada balapan tahun ini? Dan kenapa pula tim gurem macam Brawn GP bisa sukses luar biasa?
Mari kita simak beberapa pendapat yang aku ambil dari berbagai sumber, termasuk dari sumber mata air pegunungan Gunung Salak di Bogor… (duuuhh..)
1) Adanya perubahan manajemen ditubuh tim Prancing Horse pada musim balap 2008 yang sebelumnya dipimpin oleh seorang Team Principal dari Perancis, Jean Todd dan digantikan oleh Stefano Domenicali.
Bukan mengecilkan arti seorang Stefano Domenicali, tetapi coba kita menoleh lagi kebelakang dimana keberhasilan seorang Michael Schumacer menjadi juara dunia 5 kali bersama Ferrari tak lepas peran dari Jean Todd yang merupakan ahli strategi ulung didunia F1. Terbukti juga dengan melayangnya gelar Kimi Raikonnen ke tangan Lewis Hamilton pada musim 2008 ini. Juga jangan lupakan peran seorang Rass Brawn (Direktur Teknik waktu itu) dan sejak tahun 2008 juga pindah ke tim Honda F1. Dan sekarang Rass Brawn menjadi pemilik Brawn GP yang fenomenal itu setelah Honda mundur dari dunia F1 dan sebagian besar sahamnya dibeli Rass Brawn. See…. !!
2) Banyak yang menilai kalau musim 2009 ini, baik Ferrari dan Mc Laren Mercedez tidak cukup konsentrasi dalam menyiapkan kendaraannya. Ini dikarenakan konsentrasi mereka terpecah untuk perebutan gelar juara Pembalap tahun 2008 antara Felippe Massa (Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mc Laren). Tentu pembaca masih ingat sengitnya persaingan diantara mereka berdua yang pada akhirnya ditentukan pada seri balapan terakhir di sirkuit Interlagos di Sao Pauolo – Brazil dimana Felippe Massa berhasil menjuarai seri tersebut. Tetapi poin Massa masih tertinggal 1 poin dari Hamilton yang akhirnya keluar sebagai juara dunia tahun 2008.
Konsentrasi yang terpecah inilah yang akhirnya membuat tim teknis Ferrari kurang intens dalam mencari solusi pada ketahanan mesin (reliability) yang sering melanda mobil mereka.
3) Adanya persepsi yang salah dari Ferrari tentang Diffuser (sayap belakang). Yang dikiranya menyalahi aturan, tetapi Brawn GP, Scuderia Torro Rosso dan lainnya telah memakai alat ini dan oleh FIA dinyatakan sah. Akhirnya Ferrari pun mencontek design diffuser ini…ceileee..

4) Pembalap ? may be... yes, may be..no (Agus Ringgo "mode on")...
Tetapi kita tahu, Kimi Raikonen dan Felippe Massa adalah pembalap handal. Kemampuan mereka tidak kalah dari Michael Schumacer. Terbukti Kimi adalah pesaing berat Schumy dimusim – musim sebelumnya ketika dia masih membela Mc Laren. Sedangkam Massa, kiprahnya dalam mengawal seorang Kimi Raikonen menjadi juara dunia 2007 dan juga dalam perebutan juara dunia 2008 yang hanya kalah 1 angka saja dari Hamilton, tetapi Massa mempunyai keunggulan di akumulasi naiknya dia di podium…nahh…hebatkan.. ?
Mungkin kekurangan mereka dari Schumacer adalah kurangnya komunikasi tehnis dengan para
mekanik, seperti kita tahu Schumy jagonya dibidang ini…

Apakah Ferrari lempar handuk ? NO WAY….!! Itu kata Felippe Massa.. balapan baru berjalan 5 seri dan masih ada 12 seri lagi yang harus digeber…. Masih ada 120 poin pembalap yang diperebutkan sebagai pembalap nomer 1.
Jadi…kapan neh Ferrari ? ayooo beri aku senyum dingin The Ice man…dan kepalan tangan Felippe Massa diatas podium tertinggi F1 musim ini… jangan lupa semburan Sampanye nya yaa…
33 comments:
@Fanda : bener banget mbak Fanda.. RB dan Adrian Newey memang hebat. Newey adalah perancang mobil F1 kelas 1, Mc Laren adalah buktinya sampai tahun lalu sebelum pindah ke Red Bull. Hihihi..ternyata mbak Fanda bener2 gila F1 yaa....
waaah ternyata mas yudhie pengamat f1 juga toh kayak mbak fanda....
komplit bener yak tulisannya....
kalo dulu aku suka sama si senna, bener nggak ya....udah lama sih keknya si senna ini...l
hidup schummy...hehehehehhe..
masih ada kan si schummy ini..
salam kenal mas....
@Boss Buwel :
Ayrton Senna adalah pembalap dari Brazil. Dia tewas pada balapan di San Marino, Imola-Italia tgl 1 Mei 1994. Pada saat itu dia bersaing ketat dengan Schumi yang akhirnya menjadi juara dunia bersama Benneton.
@Ajie :
Salam kenal juga Mas.
Schumi sudah pensiun jadi sopir-nya Ferrari F1..dia jadi penasihat tim aja sekarang...
ngikut aja deh..keren ulasanya
saya ngga begitu suka sama balap2an..spt F1..
bagi saya agak membosankan..liat mobil muter2 40-50 lap..
siapa yg punya teknologi lebih bagus..pasti menang..
yg di belakang kalo udah merasa ga bisa nyusul, berharap aja mobil yg di depannya..rusak mesin-lah, ban pecahlah..
kalo bola kan beda...hahaha
boleh beda selera kan mas..pissss
@JengSri : salam kenal juga Mbak Jeng..
@Anggaarie : monggo aja mas...
@Pak Budi : Boleh aja beda Pak..justru perbedaan itu yang bikin seru dan indah...tapi bola tetep jalan terus Pak..heheheheh (gak bisa ninggal klo yg itu)
Waaa.., aku gak bisa ikutan nimbrung bicara tentang F1 nih... karena aku bukan penghobby-nya. Hehehe..
Hm, nice posting. Bagi saya ini penambahan ilmu, untungnya mas Yudie (jg mbak Fanda) lumayan gape posting soal yang satu ini. Hidup F1, hidup mas Yudie.
Nice info...salam hangat dari jauh..
Bagus banget nih blognya..
hahahaa..
salut dan kembangkan terus..
oh iyah postingan yg ini juga keren nih..
keep blogging..
sukses selalu..!!
Jangan lupa berkunjung dan berkomentar di BLOG HEBOH yah, soalnya ada hadiah buat top komentator.. Hihihii..
blog yang bagus :D
datang dari blogwalking. blogwalking for unity.
salam kenal :D
hidup schummy...xixiixixi
Wah semenjak sibuk kerja malam gak sempat lagi neh nonton F1
Salam kenal
Wah, posting dari seorang pengamat yg luar biasa! But, aku gak terlalu suka F1 mas, lebih cenderung ke MotoGP.
Wah, blognya mas Yudie makin hebat aja neh, udah ngalahin Alexa Rank Blog Motivasi Sukses salut! 4 thumbs up deh hehehe...
Yang Fresh From The Oven Dari BLOG MOTIVASI SUKSES Disini!
Pagi sob...berkunjung dihari libur..
hehehehe...saya mah kurang tau soal balapan, palingan klo liat balapan lebih suka balap motor
minat f1 jgk ker??
sya sgt2 minat f1..
n sokong kimi laa..
xpe2..
myb kat turkey ni ferrari lh naik podium no.1
wee:DD
tgk pretasi diorg kat monaco dah ok..
lgpown massa juara triple kat turkey..
2008,2007,2006..
kimi pown bole mng kat turkey..
sokong kimi k..
;))
bener ga schumi mo maen lagi?
Jarang nonton F1 Sob...
Numpang komeng aja ya..
wow, artikel ny berguna bgt nih sob.. cocok bgt bwt mnmbh wawasan ku seputar tema ini..
sob, mengingt blog ni sngt bermanfaat bgt q.. tukeran link yok!!
link blog kamu sudah terpasang di blogku, link balik yach :) silahkan di liat di blogku!!
ntar pasang link ku dengan anchor text "Blogger Template" yach,
dan jdi follower q juga y, siapa thu aja dgn kehadiran blogger se-hebat kamu, blog ku bisa
sedikit rame dan berwibawa gtu.he3
ntar secara berkala q bakal sering-2 silaturahmi kesini..
d tunggu kehdirannya yach :D
salam dari blogger indonesia setengah bule.he3
makasih..
wah asik dong
nice blog mbak
makasih gan atas informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku
terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat buat saya nih
saya kadang melamun ingin jadi pembalap F1, tapi rasanya itu gak mungkin sob ,,,,
terimakasih banyak atas informasinya sangat bermanfaat sekali bauat saya
artikel yang sangat bagus sob sukses selalu ya
Selallu ada harapan dan kesempatan, untuk kita yang mau berusaha
terimakasih banyak sob atas informasinya sangat bermanfaat buat saya
terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain
Thank you so much for the very useful information for me
Naaahh...ini yg kutunggu. Ternyata diterima jg tantanganku! Klo teoriku, justru faktor Ross Brawn-lah yg plg mempengaruhi (lihat aja Brawn GP, trus Adrian Newey yg bikin mobilnya Red Bull, sekrg 2 tim ini yg hebat. Tanda kompetisi Brawn-Newey lanjut lg setlh mereka ketemu di Ferrari-McLaren). Kombinasi Brawn-Schumi-Todt menjadikan Ferrari begitu perkasa.
Schumi sendiri ternyata agak payah dlm strategi, di Sepang pas hujan dan Kimi salah pake ban (ganti ban extreme wet terlalu dini), itu konon jg Schumi yg maksa.
So, ini bukti bhw F1 bkn hanya soal siapa yg plg cepat. Kkompakan tim, keahlian teknik, ramuan strategi, dan pembalap...semuanya berperan. That's I love F1 so much. It's not just a game, it's a business!
Tp aku pesimis Ferrari bisa menang thn ini, kemungkinan mrk akan lbh fokus utk thn depan, sambul tetap ngembangin tuk thn ini. Bravo Ferrari!