RI-64
Custom Search

KEBIASAAN MEROKOK dan KESEHATAN part 2

Friday, April 17, 2009

Menyambung posting terdahulu tentang Bahaya merokok bagi kesehatan. Aku mendapat PR dari Mbak Fanda untuk memposting tips – tips berhenti merokok.
Sebenarnya tips nya sudah umum sih, sudah kebayakan orang yang melakukannya, sebagian berhasil berhenti merokok dan sebagian besar lagi masih merokok.

Data Departemen Kesehatan RI menyebutkan, 80% dari jumlah perokok berusaha untuk berhenti merokok, tetapi kebanyakan masih gagal. Karena pada dasarnya merokok adalah kecanduan akan Nikotin dan tembakau.
Aku sendiri dulunya perokok, meskipun aku bukanlah perokok yang baik alias gak terlalu bergantung pada rokok. Dalam artian, sehari hanyalah sebatang sampai 2 batang rokok saja.
Sampai akhirnya aku berhenti karena terserang asma dan dokter juga menyarankan aku untuk benar – benar berhenti merokok. Dan terutama pesan dari ibuku dan orang – orang tercinta disekitarku.

Tips yang berhasil aku kumpulkan dari beberapa teman yang aku tanya tentang kiat mereka untuk berhenti merokok dan juga dari pengalaman pribadi adalah sebagai berikut :

1) Sediakanlah permen atau makanan kecil.
Sebagai pengalih perhatian ketika hasrat untuk merokok datang. Perokok biasanya merasa mulutnya asem kalau tidak merkok, dengan mengunyah permen atau makanan kecil hal tersebut bisa dikurangi.

2) Alihkan perhatian pada pekerjaan atau kegiatan yang positif.
Misalnya dengan olahraga atau mengerjakan hobi yang bisa membuat kita menghentikan aktifitas merokok.

3) Selalu ingatlah bahwa merokok itu sangat membahayakan bagi kesehatan anda dan orang – orang disekitar anda, tidak terkecuali orang – orang yang sangat anda cintai. Bapakku seorang perokok berat dan aku ingat betul bagaimana beliau meninggal karena livernya bengkak dan pecah. Kata dokter rokok yang menyebabkan liver bapak membengkak.

4) Mintalah dukungan dari orang - orang disekitar anda, terutama keluarga atau teman dekat untuk membantu menhilangkan kebiasaan merokok anda. Karena pada dasarnya kita sering mau mendengar nasihat orang - orang terdekat kita yang sangat kita cintai.

5) Ini sebenarnya yang paling UTAMA dan paling PENTING: niat, tekad dan kemauan dari diri sendiri untuk Stop merokok. Tanpa kemauan dari diri sendiri semua tips diatas sebenarnya tidak ada apa – apanya alias tidak berguna jika yang nomer 5 ini tidak anda lakukan. Karena Niat, Tekad dan Kemauan untuk stop merokok dari diri sendiri itulah kuncinya.

Tips diatas hanyalah berdasarkan pertanyaan yang aku ajukan pada orang – orang disekitarku dan juga pengalaman pribadi. Mungkin teman – teman ada tips lain yang lebih oke… monggo silahkan ditambah.

Untuk mengetahui tips – tips secara ilmiah dan dipandu oleh ahlinya, silahkan kunjungi http://www.stopmerokok.com/. Anda akan dibantu untuk benar – benar berhenti merokok, tetapi semuanya kembali berpulang kepada Niat dan Kemauan anda. Dokter dan Ahli hanyalah sebatas membantu dan membimbing.

Selamat Mencoba…..

Posted by Yudie at 3:54 PM  

2 comments:

Makasih mas Yudie atas tipsnya. trnyata saranku diperhatiin nih. Papaku jg perokok dari muda, tp untungnya beliau sdh memutuskan berhenti setlh aku n mamaku mendoakan selama bertahun2. Soalnya mamaku ada asma, kan kasian beliau hrs menanggung derita pdhal hny sebagai korban (perokok pasif, yang katanya malah lebih bahaya dr yg aktif). Moga2 ini bisa berlanjut trs. Satu hal lg, aku bersyukur ama Tuhan krn meski perokok tp organ2 papaku msh sehat semua. Posting yg bagus dan berguna, mas!

Fanda said...
April 18, 2009 at 11:32 AM  

Syukur deh kalo udah brenti mbak... aku juga udah stop sekarang, semoga selamanya...

Yudie said...
April 18, 2009 at 1:44 PM  

Post a Comment