RI-64
Custom Search

I LOVE BATIK INDONESIA

Sunday, September 13, 2009

"memakai batik pada kesempatan istimewa yang membahagiakan anda."

Istilah Batik berasal dari bahasa Jawa, Amba yang artinya menulis dan nitik.
Batik adalah seni kerajinan bernilai tinggi dan merupakan salah satu dari sekian banyak kebudayaan Indonesia. Pada masa lampau pekerjaan membatik ini banyak dikerjakan oleh para wanita, khususnya di Jawa. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian, ketelatenan dan tentu saja cita rasa seni yang tinggi. Pada awalnya pekerjaan membatik ini dilakukan dengan cara tradisional yaitu menggunakan canting sebagai alat menulisnya dan bahan malam (semacam lilin untuk membatik). Dengan teknik tradisional ini, selembar kain batik bisa dikerjakan selama 2 - 3 bulan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, pekerjaan membatik banyak menggunakan peralatan modern, meskipun membatik secara tradisional masih tetap dikerjakan. Maka dikenalah dengan
istilah batik cap. Dengan peralatan yang lebih mudah ini, maka pekerjaan membatik bukan lagi menjadi milik kaum perempuan saja. Dan pekerjaan inipun menjadi lebih cepat dan hanya memakan waktu sekitar 2 - 3 hari saja.

Bermacam-macam corak dan pola batik saat ini yang kita kenal diantaranya batik Solo, Batik Yogyakarta, Batik Pekalongan, Batik Parangtritis, Batik Malaysia, dan lain-lain menjadikan batik lebih banyak dikenal luas, baik di Indonesia, Asia Tenggara bahkan dunia. Batik pertama kali diperkenalkan pada dunia oleh Presiden Soeharto pada saat menghadiri konferesi PBB.
Dan baru-baru ini UNESCO mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. Dengan pengakuan ini tentu saja Batik akan lebih mudah diketahui asal-usulnya, yaitu Indonesia.

Tentu saja sebagai bangsa Indonesia bangga dengan kenyataan ini dan wajib menjaga dan melestarikannya. Dengan memakai batik pada kesempatan istimewa yang membahagiakan anda.
Saat ini tidak sedikit kantor-kantor instansi dan sekolah-sekolah yang sudah mengadopsi batik sebagai bagian dari pakaian seragam mereka.
Pada acara-acara resmi kenegaraan, resepsi pernikahan dan lain-lain batik bukanlah pakaian yang asing lagi untuk dikenakan, karena kebanyakan dari kita dengan bangga mengenakannya.

Bahkan (karena aku dapat award ini dari Mbak Elly yang berada di Palembang) tim Sepak bola Sriwijaya FC - Palembang pada musim kompetisi lalu (2008 - 2009) sudah berpromosi dengan mendesign kostum bercorak batik, seperti tampak gambar samping. (lihat bagian bahu dan lengannya bercorak batik)


Semoga dengan penghargaan dan pengakuan UNESCO ini menjadikan kita untuk lebih mencintai budaya Indonesia dan lebih mencintai produk-produk dalam negeri.

Posted by Yudie at 9:51 PM  

34 comments:

Woooowwww BUWEL juga suka BATIK mas YUDIE....
dan selamat tuk awardnya...
HIDUP SRIWIJAYA FC.....heheeehe

buwel said...
September 13, 2009 at 11:21 PM  

Wah, batik tuh artinya amaba:menulis dan TIK:nitik ya......makasih....^_^

a-chen said...
September 13, 2009 at 11:22 PM  

@Buwel : thanks Boss... Mbak Elly udah nyiapin bendera Sriwijaya FC tuhh.. heheheheh

@Achen : heheheh... boso jowo kan ?

Yudie said...
September 13, 2009 at 11:32 PM  

Tentu saja sebagai bangsa Indonesia bangga dengan kenyataan ini dan wajib menjaga dan melestarikannya. Dengan memakai batik pada kesempatan istimewa yang membahagiakan anda.

-------------------------------------

saya sangat setuju sobat.. mari kita budayakan juga hidup sehat..

very nice post..

riz said...
September 13, 2009 at 11:33 PM  

selamat yaa friends untuk awardnya

anak nelayan said...
September 14, 2009 at 2:27 AM  

cinta produk dalam negri sebelum di klaim orang :D

edylaw said...
September 14, 2009 at 2:29 AM  

kalau pakai batik kelihatan agak tua ya mas :D

webmaster info said...
September 14, 2009 at 2:31 AM  

Wah, batik mantap, saya suka batik.

Dinoe said...
September 14, 2009 at 7:37 AM  

Siip, sudah dipajang ya, terimakasih. Tambah mantap, artikelnya ada tentang SFC. Ya memang kostum SFC ada diselipkan Batik Palembangnya. Sangat kreatif postingannya mas Yudie.

Newsoul said...
September 14, 2009 at 7:57 AM  

bener-bener...batik emang keren, kalo liat motifnya yang beragam bikin pengen bisa belajar gambar meliuk-liuk...

Penikmat Buku said...
September 14, 2009 at 12:21 PM  

iya sob! makas dah mengingatkan.. jangan sampe batik diklaim lagi sama malingsia

AeArc' said...
September 14, 2009 at 2:44 PM  

Ayo cintai batik Indonesia..!!
Selamat ya utk awardnya...
Hehehe, aku belum sempat pajang award ini Mas, mungkin besok... ^_^

Reni said...
September 14, 2009 at 11:48 PM  

selamat atas awardnya.
liat foto sriwijaya FC jadi seneng nih, soalnya Henny juga mau mudik ke Palembang.

September 15, 2009 at 9:55 AM  

kalo gak di jaga,bisa2 di claim juga ni sama negri plagiat dari sebrang itu...

Macam2 Tips said...
September 15, 2009 at 12:43 PM  

batik adalah simbol kebudayaan dan warisan bangsa yg harus dijaga, jangan sampai diklaim lagi sama malaysia :) bukan begitu mas yudie?

Mind Power said...
September 15, 2009 at 4:33 PM  

salam sobat
saya juga cinta batik INDONESIA mas,,

selamat menyambut hari raya Idhul Fitri 1430 H
minal aidhin walfaidzin.

NURA said...
September 16, 2009 at 3:58 PM  

Selamat Menyambut hari raya idul fitri mas..mohon maaf lahir dan batin

Dari
Sudinotakim&keluarga

Dinoe said...
September 16, 2009 at 10:29 PM  

batik ya...... ak suka, tapi jarang dpake... ak kan dtanjungpinang, kebanyakan pake baju kurung.... selama puasa aja wajib kerja pke baju kurung...

kalo hari biasa tiap jumat baru make

mencintai budaya juga kan hehee

September 16, 2009 at 10:33 PM  

Cintailah Produk Indonesia....

Ridwanox said...
September 17, 2009 at 11:13 AM  

iya mas, cintai sebelum di klaim orang lain baru deh, kasak-kusuk.

cerita cinta said...
September 18, 2009 at 4:19 AM  

Selamat awardnya, mas! Tgl. 2 Okt rame2 pake batik n posting foto narisi kita di blog yok!

Fanda said...
September 18, 2009 at 9:20 AM  

selamat awardnya ya.

September 18, 2009 at 1:40 PM  

Bulan Ramadhan sebentar lagi kita tinggalkan.
Bulan yang penuh ampunan dan rahmat.
Bulan dimana kita mensucikan diri
Dan tibalah saatnya menanti hari yang Fitri

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Mohon Maaf Lahir dan Bathin
Bila ada tulisan maupun komentar yang salah mohon di maafkan.

blogpopuler said...
September 18, 2009 at 2:33 PM  

Bulan Ramadhan sebentar lagi kita tinggalkan.
Bulan yang penuh ampunan dan rahmat.
Bulan dimana kita mensucikan diri
Dan tibalah saatnya menanti hari yang Fitri

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H
Mohon Maaf Lahir dan Bathin
Bila ada tulisan maupun komentar yang salah mohon di maafkan.

franky said...
September 18, 2009 at 2:34 PM  

ada award ya.cek di http://just-fatamorgana.blogspot.com/2009/09/fanny-enggak-suka-boneka.html

tapi awardnya dah dipindahkan ke http://gudang-award.blogspot.com/2009/09/award-dari-noors-blog.html

September 18, 2009 at 6:37 PM  

telah ngasih tahunya soal award untukmu. sorii...

September 18, 2009 at 6:38 PM  

bukannya yang di sfc itu corak songket??????heheheh yah bisa dibilang batinya palembang lay tapi itu ditenun bukanya di cap atw di tulis tangan.......(tapi klo yang di baju itu yah gambarnya doang heheheh......ribet lay klo maen bola pkae tenunan wkwkwk) btw met lebaran n mohon maaf lahir n batin
saam hangat joni n fam

Joni-Joni-Joni said...
September 20, 2009 at 12:30 AM  

Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1430H untuk Unforgetable, Mas Yudie dan semua pengunjung blog ini :)

Bang Del said...
September 20, 2009 at 4:41 AM  

artikel yang sangat bagus sob sukses selalu ya

wowo said...
July 31, 2013 at 8:50 AM  

Selallu ada harapan dan kesempatan, untuk kita yang mau berusaha

abanda said...
July 31, 2013 at 8:55 AM  

terimakasih banyak sob atas informasinya sangat bermanfaat buat saya

noah said...
July 31, 2013 at 8:57 AM  

terimakasih atas sharenya, beginilah indahnya saling berbagi satu sama lain

BNI said...
July 31, 2013 at 9:00 AM  

Thank you so much for the very useful information for me

sahabat said...
July 31, 2013 at 9:01 AM  

Aku juga sangat suka dengan batik indonesia. Dan tentunya batik indonesia sekarang semakin banyak motif khas dari berbagai daerahnya serta dapat menjadikan batik-batik tsb sebagai batik yang sungguh cantik dan modern.

salam kenal yuli - hanger

January 12, 2015 at 4:10 PM  

Post a Comment